hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

3 Februari 2017, 06:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu termasuk orang yang nggak bisa melewatkan sarapan? Good for you guys! Sarapan memang penting banget untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita.

Namun menurut ahli gizi asal Sydney, Lyndi Cohen, ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi saat sarapan lho. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, makanan ini mungkin termasuk sarapan favorit kamu.

Apa saja sih makanan tersebut? Kita intip yuk!

Yoghurt

Plain yoghurt dengan taburan oatmeal dan stroberi. (PIXABAY)

Menurut Cohen, yoghurt ternyata nggak baik dikonsumsi untuk sarapan. Sebab, yoghurt mengandung pemanis buatan yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kamu.

"Yoghurt bisa menjadi sumber kalsium terbesar bagi tubuh. Tapi yang sering dilupakan adalah yoghurt mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kamu" katanya.

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi yoghurt untuk sarapan, ada baiknya kamu memilih jenis greek yogurt. Karena yogurt jenis ini dibuat dengan kandungan rendah lemak dan bebas gula.

Ahli gizi itu juga menyarankan kamu untuk selalu membaca daftar ingredients dari yoghurt yang hendak dibeli. Biasanya jika terdapat bahan yang bernama molasses, glukosa dan sirup , itu berarti yoghurt yang kamu beli mengandung pemanis buatan.

 

Sereal

Susu dituang ke dalam mangkuk sereal. (MARIE CLAIRE)

Bagi kamu yang sering buru-buru dan ingin efisien, pasti kamu akan memilih sereal sebagai sarapan kamu. Ahli gizi berusia 26 tahun tersebut menyarankan kamu untuk mengonsumsi sereal yang memiliki kandungan gandum.

Karena kebanyakan sereal juga banyak mengandung pemanis buatan. Hal itu tentunya juga tidak baik untuk kesehatan kamu.

Tes sederhana bisa kamu lakukan pada sereal untuk melihat seberapa banyak kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

"Cukup lihat seberapa cepat sereal kamu larut dengan susu. Kebanyakan sereal yang mengandung pemanis buatan akan cepat larut dan meninggalkan rasa manis pada susu kamu. Kandungan pemanis buatan ini yang merusak gizi dari susu yang kamu konsumsi" tuturnya.

Jika kamu ingin lebih aman, kamu bisa memilih oat sebagai option lain pengganti sereal. Karena oat bisa dipermanis menggunakan buah dan kacang-kacangan.

 

Kue

Kue pandan. (CNN)

Beberapa kamu memilih untuk makan kue manis atau gurih sebagai pengganti menu sarapan. Well, sebenarnya ini juga salah satu kebiasaan yang salah lho guys.

"Kue memberikan manfaat yang sangat sedikit untuk kesehatan' tambah Cohen.

Ia mengatakan sebaiknya mengonsumsi kue pada waktu senggang sebagai pelengkap minum teh atau kopi, bukan sebagai menu sarapan. Selain itu, kandungan kue juga memungkinkan kamu akan mudah lapar sebelum waktu makan siang.

 

Sereal Bar

Beragam jenis sereal bar. (PGEVERYDAY)

Makanan ini pasti jadi favorit bagi kamu yang jadwalnya padat. Kamu bisa mengonsumsi sereal bar sambil beraktifitas. Tapi ternyata, makanan jenis ini sangat tidak baik untuk kamu konsumsi saat sarapan.

Kandungan pemanis buatan dan pengawet pada makanan renyah ini akan memberikan dampak negatif bagi tubuh kamu. Selain sereal bar, kamu juga tidak dianjurkan hanya mengonsumsi smothie atau jus. Karena kedua minuman tersebut tidak menghilangkan rasa lapar.

 

DAILY MAIL

 

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments