hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

1 Februari 2017, 19:00 WIB

UNI EMIRAT ARAB

Dunia penerbangan Timur Tengah gempar, foto kabin pesawat dipenuhi 80 ekor burung elang beredar luas dan viral di situs Reddit. 

Dikutip dari Business Insider, burung-burung itu dibawa oleh seorang pangeran yang berasal dari Saudi Arabia pada Senin, 30 Januari 2017. Namun, penulis tidak menjelaskan bagaimana proses administrasi burung-burung dilakukan hingga berhasil masuk dan diangkut menggunakan pesawat.

Sejatinya, proses pengangkutan burung elang ke dalam kendaraan umum adalah hal yang lumrah dilakukan di Timur Tengah. Falconry atau pelatihan burung elang untuk berburu telah dilakukan sejak ribuan tahun silam hingga sekarang. 

Salah satu negara yang paling kondang melegalkan praktik Falconry adalah Uni Emirat Arab. Selain itu, burung elang juga digunakan UEA sebagai simbol negara.

Negeri yang terletak di ujung semenanjung Arab juga memberikan paspor khusus bagi burung elang. Dengan paspor tersebut, elang-elang diperbolehkan melakukan perjalanan udara menuju Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Pakistan, Marocco, dan Suriah.

 

Paspor tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup UEA. Paspor berlaku hingga tiga tahun.

Dikutip dari The National, portal berita UEA, pemilik burung elang harus menyediakan tempat duduk khusus ketika membawa hewan piaraannya naik pesawat. Tempat duduk harus dibalut menggunakan kain agar tidak melukai sang burung. Selain itu, burung elang juga wajib ditempatkan di dalam kabin kelas bisnis. 

Dalam foto yang beredar luas itu tidak diketahui secara jelas maskapai apa yang digunakan untuk mengangkut hewan pemakan daging tersebut. 

Qatar Airways dalam websitenya menulis; burung elang bisa dimasukan ke dalam pesawat, paling banyak enam ekor. Hal serupa diungkapkan Etihad. Maskapai asal Abu dhabi itu mengijinkan burung elang masuk ke dalam kabin pesawat.

"Kami menerima pengangkutan burung elang, asal pemilik melengkapi semua dokumen yang dipersyaratkan," tulis Etihad dalam situs resminya.

Juru Bicara Etihad menyanggah foto yang beredar di Reddit tersebut adalah pesawat miliknya.

BUSINESS INSIDER

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments