Rizieq Shihab usai jalani pemeriksaan di Mapolda Jabar. (NET/Anggi)

EDITOR : OCTOBRYAN

31 Januari 2017, 10:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kepolisian Daerah Jawa Barat menetapkan tokoh Front Pembela Islam Rizieq Shihab, sebagai tersangka dalam kasus dugaan penghinaan terhadap lambang negara.

Penetapan Rizieq menjadi tersangka dilakukan setelah polisi melakukan tiga kali gelar perkara dan memeriksa belasan saksi termasuk ahli bahasa, filsafat, dan sejarah. 

Rizieq Shihab saat menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat. (NET)

"Penyidik meningkatkan status Rizieq Shihab dari saksi terlapor menjadi tersangka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Yusri Yunus di Mapolda Jabar.

Menanggapi hal tersebut, Rizieq Shihab meminta agar kader maupun simpatisan FPI agar tetap tenang dalam menyikapi penetapan status tersangka yang dikenakan pada dirinya.

Massa FPI gelar unjuk rasa di depan Mapolda Jabar saat Rizieq diperiksa. (NET)

"Beliau meminta agar umat menjaga kedamaian agar situasi tetap kondusif,", ujar Juru Bicara FPI Slamet Ma'arif melalui sambungan telepon kepada NET.Z, Selasa, 31 Januari 2017.

Slamet melanjutkan, imbauan Polda Jabar yang meminta Rizieq tidak membawa massa saat diperiksa pekan depan, dirinya tidak bisa menjamin hal tersebut.

Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka penistaan Pancasila oleh Polda Jawa Barat. (ANTARA)

"Mereka akan tetap membela ulama sampai habis-habisan," tambah Slamet.

Sementara untuk proses hukum, Slamet mengatakan FPI akan segera mengajukan praperadilan. Menurutnya, ucapan yang dinilai pelapor menistakan Pancasila merupakan kebebasan berpendapat setiap warga negara.

"Rizieq menyerahkan proses itu kepada tim hukum, pastinya kami akan ajukan praperadilan secepatnya," tuturnya.

BACA JUGA:
Ditanya Soal pemeriksaan, Ini Kata Rizieq
Respon Kapolri Soal Jenderal Otak Hansip
Diproses Hukum, Rizieq Mengadu ke Fadli Zon
Alasan DPR Panggil Kapolda Jawa Barat

Sebelumnya,Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri pada 27 Oktober 2016 ke Badan Reserse dan Kriminal Polri. Dia diduga menghina Pancasila dan proklamator Soekarno dalam pidatonya di depan Gedung Sate Bandung.

Dari surat pelaporan yang ditunjukkan Sukmawati, Rizieq dilaporkan atas beberapa pasal. Antara lain menghina pemerintah, perbuatan tidak menyenangkan, dan merendahkan kehormatan lambang negara.

Aksi Rizieq yang dilaporkan Sukmawati adalah ceramah yang ada dalam sebuah video yang diunggah dua tahun lalu. Di situ Rizieq menyebut, "Pancasila Soekarno ada di pantat, sedangkan Pancasila Piagam Jakarta Ketuhanan ada di kepala."

ANGGI PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments