hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

28 Januari 2017, 06:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Gong Xi Fa Cai!

Di Indonesia, momen hari raya umat Budha biasanya dirayakan dengan meriah. Beberapa hari sebelum tahun baru Cina, klenteng-klenteng ramai dikunjungi warga yang ingin membersihkan serta menghias klenteng.

Suasana Imlek tambah semarak dengan lampion-lampion yang menghiasi vihara dan lilin-lilin berukuran raksasa. Serunya lagi, klenteng terbuka untuk umum, kamu bebas masuk untuk melihat sekeliling bahkan foto selfie dengan latar vihara yang megah.

So, weekend ini nggak ada salahnya jalan-jalan ke vihara. Nggak cuma berwisata, kunjungan ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang budaya Tionghoa.

Kali ini NET.Z akan membahas tiga klenteng megah di Indonesia yang bisa dikunjungi menjelang perayaan Imlek.

  • Klenteng Sumber Naga, Probolinggo
Atraksi barongsai di klenteng Sumber Naga. (NET CJ)

Menyambut Imlek, Klenteng Sumber Naga Probolinggo, Jawa Timur menyuguhkan atraksi Barongsai. Pertunjukan yang dimainkan anak-anak ini tentu saja menarik banyak turis asing untuk singgah dan menyaksikan aksi mereka.

Nggak cuma menonton pertunjukan, para turis juga datang untuk melihat keindahan dan kemegahan arsitektur bangunan klenteng yang sudah berusia 150 tahun ini. Selain itu, mereka mengelilingi semua bagian klenteng dan juga foto bersama dengan patung Budha.

Pintu masuk ke dalam klenteng Sumber Naga. (NET CJ)

Klenteng Sumber Naga sering juga disebut tempat ibadah Tri Dharma. Selain Budha dan Konghucu, tempat ibadah ini juga menerima para penganut Taoisme. 

 

  • Klenteng See Hin Kiong, Padang
Caption

Jelang perayaan Imlek, Klenteng See Hin Kiong yang berada di kawasan Pondok, Padang, Sumatera Barat mulai berbenah. Berbagai persiapan untuk penyambutan Imlek dilakukan oleh pihak klenteng, seperti pembersihan beberapa dupa, lampion dan lilin-lilin yang berukuran besar.

Caption

Banyaknya lampion dan pernak-pernik khas Imlek pastinya membawa daya tarik sendiri bagi wisatawan. Klenteng megah ini  lokasi foto oleh turis dan warga setempat.

Pengunjung berharap imlek kali ini dapat dijadikan moment mempersatukan diri dan menjaga toleransi antar umat beragama.

 

  • Klenteng Kwang Kong Bio, Bali
Klenteng Kwang Kong Bio terletak di dalam pura. (NET CJ)

Sekilas bangunan pura ini layaknya tempat ibadah umat Hindu pada umumnya. Namun siapa sangka, di dalam gapura ini terdapat vihara.

Rumah ibadah umat Budha  yang terletak di jalan gatot subroto, Denpasar ini bernama Klenteng Kwang Kong Bio. Klenteng yang berdiri tahun 2000 silam ini dibangun oleh keluarga Made Juliarta, warga asli Bali.

Umat Hindu beraktivitas di dalam vihara. (NET CJ)

Akulturasi budaya Hindu dan Budha sangat kental dalam setiap kegiatan upacara di klenteng ini. Tak hanya dari segi arsitektur, perpaduan tersebut terlihat jelas dari dewa yang disembah, baik Hindu dan Budha berdampingan selaras dalam satu tempat ibadah.

Tak hanya warga Bali, Klenteng ini kerap dikunjungi oleh umat Tri Dharma dari berbagai wilayah di Indonesia. Uniknya akulturasi budaya di klenteng ini sebagai salah satu gambaran indahnya toleransi umat beragama di indonesia.

 

  • Klenteng Kwan Sin Bio, Tuban
Klenteng Kwan Sin Bio yang megah. (NET CJ)

Klenteng Kwan Sin Bio yang berada di Tuban merupakan klenteng terbesar di Asia tenggara. Luasnya mencapai 9 hektar.

Saat masuk ke vihara kamu akan merasa seperti berada di negeri Cina. Sebuah dinding menggambarkan replika peta negara china berukuran jumbo, hingga lukisan tembok besar Cina.

Didalam kompleks klenteng, terdapat sederet bangunan klasik bergaya Tiongkok yang didominasi warna merah, kuning dan hijau terang.

Berbagai jenis patung di klenteng. (NET CJ)

Hiasan berbentuk naga menghiasi keseluruhan bangunan dan juga kolam yang berada di tengah kelenteng. Patung dewa, lampion dan lilin berbagai ukuran terpajang rapi disini. 

Klenteng Kwan Sing Bio menganut ajaran Tridarma yaitu Budha, Tao dan Konghucu dengan pemujaan dewa Kwan Kong. Untuk memasuki kelenteng wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis.

Setelah puas mengelilingi kelenteng, kamu bisa menikmati aneka kuliner seafood yang berderet di depan kelenteng.

 

NET CJ

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments