hero
Bendera ISIS. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

27 Januari 2017, 14:00 WIB

INDONESIA

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengakui mantan pegawainya dideportasi dari Turki lantaran hendak bergabung dengan kelompok NegaraIslam Irak dan Suriah (ISIS).

Tanpa menyebutkan identitas, Nufransa mengatakan lepasan karyawannya itu sudah mengajukan pengunduran diri pada Februari 2016. "Dengan alasan ingin mengurus pesantren anak yatim di Bogor," kata Nufransa, melalui keterangannya, Jumat, 27 Januari 2017.

Menurut Nufransa, yang bersangkutan mulai Agustus 2016 telah diberhentikan sebagai pegawai negeri sipil. Itu artinya, tidak ada lagi sangkut paut orang itu dengan Kementerian Keuangan.

Gedung Kementerian Keuangan. (kemenkeu.go.id)

 

"Segala kegiatan dan aktivitasnya tidak dapat lagi dihubungkan dengan Kementerian Keuangan," ujar dia. "Dan menjadi tanggung jawab pribadi yang bersangkutan."

Nufransa juga mengatakan lembaganya tidak akan memberikan bantuan hukum kepada mantan pegawaianya. "Menjunjung asas praduga tak bersalah dan menghormati proses penegak hukum oleh kepolisian."

Sebelumnya, mantan pejabat Kementerian Keuangan beserta istri dan tiga anaknya dideportasi dari Istanbul, Turki kembali ke Indonesia. Mereka diduga hendak bertolak ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Berdasarkan informasi yang diperoleh NET, identitas mereka adalah Triyono Utomo Abdul Bakri dan istrinya Nur Khofifah. Serta tiga anaknya  yang berusia 12 tahun, 8 tahun, dan 3 tahun.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul membenarkan penangkapan terhadap Triyono dan keluarganya itu pada Kamis kemarin. Dia mengatakan institusiya masih memeriksa mereka.

"Kami sedang mendalami siapa yang menjadi fasilitator dan motivator," kata Martinus. "Dan juga siapa yang menampung mereka di sana."

DEVY ASHARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments