hero
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar saat menggelar syukuran bebas bersyaratnya pada November 2016. (NET)

EDITOR : OCTOBRYAN

26 Januari 2017, 00:45 WIB

BANTEN, INDONESIA

Permohonan Grasi mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar dikabulkan Presiden Joko Widodo. Meski bebas, hal itu tidak membuatnya puas. Ia menyebut sejumlah kejanggalan atas kasus pembunuhan berencana yang dituduhkan kepadanya.

"Saya akan ungkap kebenaran kasus ini, saya akan lanjutkan langkah-langkah saya terdahulu," ujarnya di Tanggerang, Rabu, 25 Januari 2017.

 Kuasa hukum Antasari Azhar, Boyamin Saiman, menunjukkan salinan surat persetujuan grasi Antasari Azhar. (ANTARA)

Langkah tersebut, kata Antasari, ialah menuju kantor polisi. Antasari melanjutkan, dirinya pernah melaporkan kejanggalan ke Polda Metro Jaya 2011 silam. Namun hingga kini, kepolisian belum bisa melakukan penyelidikan atas laporannya tersebut.

"Sampai sekarang belum ditindaklanjuti, saya akan tagih," tuturnya.

Antasari Azhar bersama mantan Jaksa Agung Basrief dan Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly. (NET) 

Antasari menjelaskan, ia akan bersama dengan keluarga Nasrudin untuk mempertanyakan tindak lanjut kepolisian. Ia menilai, selama ini ia dizalimi karena kehilangan waktu selama 7 tahun 6 bulan menjalani hukuman penjara di Lapas Tanggerang. 

Sementara itu, keluarga Nasrudin juga ingin membongkar kasus ini karena kehilangan anggota keluarganya. Mantan jaksa itu dengan tegas mengatakan tidak ada niatan membunuh Nasrudin. Ia juga menyebut terpidana lain yang terseret kasusnya tak bersalah.

Antasari Azhar hadiri ulang tahun Megawati Soekarnoputri di Jakarta, 23 Januari 2017. Tanggal itu bertepatan Grasinya dikabulkan Presiden Joko Widodo. (ANTARA)

"Kenapa sih tidak diusut, kapan ditindaklanjuti?. Mana hasilnya. Seperti itu," jelasnya.

Ia berharap, penyelidikan mendalam kepolisian atas kasusnya ini menjadi langkah awal untuk dirinya untuk membuka dan mengungkap siapa aktor dibalik peristiwa pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen Iskandar.

"Iya, jadi inti poin nya disini," tegasnya.

BACA JUGA:
Jokowi Kabulkan Grasi Antasari Azhar
Antasari Azhar Gelar Syukuran Bebas dari Bui
Bebas Bersyarat, Antasari: Saya Tidak Dendam
Begini Jalan Panjang Kasus Antasari Azhar

Sebelumnya, Antasari dituduh terlibat pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen pada 2009, Antasari dinilai bersalah di semua tingkatan hukum. Dari 3 hakim tingkat pertama, 3 hakim tingkat banding, dan 8 hakim agung.

Setelah itu, Antasari harus hidup di balik terali besi. Karena berperilaku baik, ia kemudian mendapatkan bebas bersyarat tepat pada Hari Pahlawan 2016. Permohonan Grasinya pun ditandatangani 23 Januari 2017 oleh Presiden Joko Widodo. 

Hukuman Antasari dikurangi dari 18 tahun penjara menjadi 12 tahun. Setelah dikurangi remisi, Antasari Azhar kini bebas murni.

MELISA LOLINDU | HANIF ABDUH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments