hero
Komisi Pemiilihan Umum Jakarta. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

25 Januari 2017, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan mengubah format debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur ibu kota. Debat kedua itu akan digelar pada Jumat, 27 Januari 2017 nanti.

Anggota KPU Jakarta Dahlia Umar mengatakan ada beberapa mekanisme yang diubah pada debat kedua ini. "Di antaranya adalah penambahan durasi, berbeda dari debat sebelumnya," kata Dahlia, Rabu, 25 Januari 2017.

Debat perdana calon pemimpin DKI pada 13 Januari lalu hanya berdurasi 90 menit. Pada debat kedua nanti, KPU menambahkan waktu menjadi 120 menit.

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada debat perdana, 13 Januari 2017. (NET/Christ Messakh)

 

Dahlia mengatakan penambahan tempo itu dibuat agar ketiga pasangan calon dapat menjawab pertanyaan dari materi debat lebih banyak. 

"Kemarin waktunya kurang sedangkan temanya banyak," ujar dia.  "Misalnya menjawab dalam satu menit itu kan tidak bisa secara mendalam, jadi butuh waktu lebih."

Format lain yang diubah adalah penambahan satu moderator. Menurut Dahlia pada debat kedua nanti lembaganya akan menggunakan dua moderator sekaligus.

Tina Talisa. (TWITTER/@tina_talisa)

 

Alasannya, "Materi sekarang lebih berat dan beban moderator itu kalau dia harus menghitung waktu dan mengkonstruksikan pertanyaan sendiri agaknya berat" ujar dia.

Dua orang moderator sudah dipersiapkan Komisi jelang debat kedua nanti. Mereka adalah Tina Talisa dan Eko Prasojo.

Tina, seorang wartawan dan juga mantan pembawa berita di salah satu stasiun televisi. Sedangkan Eko Prasodjo adalah guru besar Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia.

Eko Prasojo. (ekoprasojo.com)

 

Eko pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Kabinet Indonesia Bersatu II era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

RIEN REKA (MAGANG)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments