hero
Wisatawan makan di restoran dengan pemandangan sungai Chao Praya. (LIVEINTHAILANDNOW)

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

24 Januari 2017, 19:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bangkok menjadi kota di Asia Tenggara yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2016. Nggak heran sih, soalnya kota metropolitan ini menawarkan beragam tempat wisata dan kuliner terbaik.Belum lagi nilai tukar yang menguntungkan antara baht Thailand dan mata uang lainnya.

Tapi bukan berarti Bangkok tidak memiliki kekurangan lho. Masalah bahasa dan pencemaran lingkungan bisa bikin turis yang berkunjung ke kota ribuan kuil ini geleng-geleng kepala.

Apa saja kelebihan dan kekuranganya? Simak yuk ulasan lengkap soal Bangkok.

Kelebihan

Tahu nggak apa kesamaan London, Paris, Dubai dan New York?

Yups! Tahun lalu, turis di kota-kota wisata kelas dunia ini jumlahnya lebih sedikit daripada  Bangkok. Nggak heran jika ibukota Thailand ini menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di tahun 2016.

Banyak alasan kenapa  wisatawan memilih Bangkok sebagai destinasi liburan mereka, diantaranya keindahan kota itu sendiri, ketersediaan hotel dari yang mewah hingga murah untuk para backpacker, wisata kuliner setingkat restoran hingga warung pinggir jalan.

Turis berkunjung ke kuil. (SCMP)

Belum lagi spa yang tak terhitung jumlahnya, hingga banyaknya kuil yang menawarkan tempat bagi wisatawan untuk menenangkan diri.

Urusan angkutan umum, Bangkok punya moda transportasi masal yang lumayan canggih bernama Mass Transit System yang dikenal sebagai BTS atau Skytrain. BTS bisa membawa penumpang dari Bandara Suvarnabhumi ke pusat kota dalam 30 menit.

Kalau nggak suka berdesak-desakan dengan penumpang lain di BTS, kamu bisa memilih transportasi lainnya yaitu taksi. Jumlah taksi di Bangkok banyak dan harga argonya cukup murah.

Selain itu, kamu juga bisa mengitari sepanjang Sungai Chao Phraya dengan feri. Jika perlu, negosiasikan harga terlebih dahulu jika ingin disewa pribadi.

Wisatawan naik perahu di pasar terapung. (SCMP)

Bagi kamu yang suka dengan kehidupan di air, bisa datang ke pasar terapung Damnoen Saduak dan melihat penduduk setempat menjual aneka produk segar dari perahu mereka.

Liburan ke Bangkok bertepatan dengan imlek adalah pilihan yang tepat, sebab kamu bisa melihat perayaan tahun baru di sini. Bangkok adalah rumah kedua terbesar untuk etnis Tionghoa.

Jadi bisa dipastikan ada perayaan imlek yang sangat megah, seperti tarian, petasan, dan hiasan-hiasan berwarna merah. Momen paling tepat untuk mengunjungi Bangkok adalah November hingga Februari.

(SCMP)

Selain ada perayaan imlek di bulan Januari, kamu juga bisa berjemur meniknati sinar matahari dan langit biru. Kondisi cuaca di Bangkok juga nyaman, banyak sinar.

Tidak semua wisatawan datang ke Bangkok untuk menikmati pantai, kuil, sensasi pijat Thai atau menyantap tom yum. Kota yang dianggap City of Angels-nya Asia ini juga menawarkan biaya pemeriksaan kesehatan yang pas di kantong, salah satunya klinik gigi yang menawarkan paket perawatan gigi dengan harga terjangkau.

Kekurangan

Jika tadi kita sudah mengulas berbagai kelebihan yang dimiliki Bangkok sebagai tujuan wisata, nah kini saatnya membahas kekurangan Bangkok, yang bisa jadi pertimbangan kamu sebelum terbang ke Bangkok.

Kemacetan di pusat kota Bangkok. (SCMP)

Pertama adalah kemacetan yang parah. Meski tidak separah Meksiko, namun pada jam-jam tertentu kamu harus waspada kalu nggak mau terjebak berjam-jam di jalan.

Selain itu, kecelakaan dan kematian di jalan, di wilayah Sonkran, umumnya disebabkan oleh mabuk dan minum wiski. Kebiasaan menyetir dalam keadaan mabuk sudah menjadi kebiasaan.

Waspada juga jika ada orang mabuk di jalanan kemudian menyemprotkan air kotor, selang, sendok dan apapun yang bisa membahayakan para pengemudi.

Perahu wisata melintasi sungai Chao Praya.
(TRAVELTOBANGKOK)

Thailand selama ini juga dikenal dengan keindahan pantainya. Tetapi tidak demikian dengan pantai Chao Phraya.

Banyak terjadi pencemaran air hingga air sungai sudah menyerupai susu coklat. Jika kamu mengitari sungai, kamu juga akan melihat penduduk lokal yang tinggal di rumah panggung dan bagaimana mereka membuang limbah rumah tangga ke sungai.

Selain itu, ada sensasi mengerikan saat kamu menyewa kapal feri. Banyak bangkai hewan dan kadang ditemukan pula potongan tubuh manusia,korban pembunuhan.

Seperti yang terjadi pada awal tahun lalu, polisi mengidentifikasi beberapa bagian tubuh ditemukan di Chao Phraya sebagai milik seorang pengusaha Spanyol yang mereka percaya telah diculik dan dirampok sebelum dibunuh.

Jika Bangkok bukan tujuan utama kamu dan memilih naik dari bandara Don Muang, maka sekalipun ada Skytrain, tetapi hanya bisa beroperasi hingga stasiun Mo Chit. Kemudian kamu harus naik taksi.

Angkutan umum khas Thailand, tuk tuk. (GAPYEAR)

Kamu bisa memilih angkot, bernama tuk tuk. Tetapi akan jadi masalah karena para penduduk lokal tidak bisa berbahasa Inggris. Akan sangat sulit jika kamu terburu-buru ke bandara dan harus bertanya pada penduduk setempat.

Sebagai informasi, tingkat kemampuan bahasa Inggris di Bangkok, dan Thailand pada umumnya, masih tertinggal dibandingkan negara lain. Data tahun 2016 dari Education First Language Institute, Thailand berada di posisi 15 dari 19 negara Asia, dengan tingkat sangat rendah.

Happy travelling!

 

POST MAGAZINE
 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments