hero
Sulami di dalam mobil ambulans bersiap diperiksa oleh tim dokter. (NET/Korniawan)

EDITOR : REZA ADITYA

24 Januari 2017, 16:15 WIB

KAB. SRAGEN, INDONESIA

Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memberikan fasilitas pengobatan gratis kepada Sulami, manusia kayu yang menderita penyakit tulang langka ankylosing spondylitis. Mulai Rabu besok, Sulami dirujuk ke rumah sakit khusus tulang.

"Kami sudah menyiapkan pakai kartu Indonesia sehat (KIS), dan bebas biaya," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen Hargiyanto, Selasa, 24 Januari 2017. "Kemudian kami siapkan juga tim pendampingan dari Puskesmas."

Sulami diperiksa tim dokter dari RSUD Dr. Soehadi Prijonegro Sragen. (NET/Korniawan)

 

Hargiyanto mengatakan lembaganya akan menanggung seluruh biaya pengobatan itu sampai Sulami sembuh. Adapun anggaran untuk pengobatan manusia kayu itu selain menggunakan KIS, juga dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Selama hampir puluhan tahun, Sulami menderita penyakit peradangan tulang kronis genetik. Penyakit itu menyebabkan ruas tulang belakangnya melekat menjadi satu dan membuat sekujur tubuh menjadi kaku.

Perempuan berusia 35 tahun itu kesulitan melakukan aktivitas. Bahkan untuk sekedar berbaring di dipan, dia harus dibantu orang lain.

Sulami sebelumnya sempat menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Solo, namun karena keterbatasan biaya, pihak keluarga memutuskan menghentikannya. Dia saat ini hanya berobat ke salah satu Puskesmas terdekat.

Hari ini, dia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soehadi Prijonegro Sragen untuk menjalani rontgent dan diagnosa terbaru.

Tim dokter dari RSUD Dr. Soehadi Prijonegro Sragen memperlihatkan hasil rontgent Sulami. (NET/Korniawan)

 

Hasil sinar x-ray menemukan bahwa sekujur tulang belakang Sulami sudah kadung melekat dan butuh penanganan serius.

"Kami berkesimpulan bahwa pasien tidak bisa ditangani maksimal di rumah sakit kami," ujar Lulus Bidiarto, Ketua Komite Medik RSUD Dr. Sohadi Prijonegoro. "Karena harus dilakuan pengobatan pada semua sendi untuk pasien."

Lulus kemudian merekomendasikan Sulami dirujuk ke Rumah Sakit Ortopedi Dr. Soeharso di Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurut dia, di RS Ortopedi itu fungsi sendi perempuan warga Desa Selorejo itu akan dikembalikan fungsi sendinya.

"Khususnya pada bagian sendi untuk pasien agar bisa melakukan aktivitas yang berkaitan makan dan minum misalnya," ujar Lulus.

Mendengar mendapatkan pengobatan gratis sampai sembuh, pihak kerabat Sulami senang bukan kepalang. "Ke depannya mudah-mudahan ada pengobatan dari rumah sakit," ujar Tukimin.

KORNIAWAN ARIF

Bagi netizen yang ingin membantu Sulami dan menyumbangkan sebagian rezekinya bisa klik link di bawah iniwww.kitabisa.com/sulamimanusiakayu

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments