hero
(Glamour)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 Januari 2017, 05:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bagi sebagian cewek mengubah gaya rambut sudah menjadi rutinitas setiap hari. Sesekali lurus, namun tidak jarang pula mencoba gaya gelombang atau biasa disebut curly. Untuk membuat rambut curly caranya cukup gampang, tinggal menggunakan curling iron.

Alat itu cukup membantu sebenarnya untuk membentuk rambut. Sayangnya, tidak jarang para cewek ini salah salam memilih dan menggunakan curling iron seperti yang diungkapkan oleh Jawa Stone, stylist senior dari Amerika Serikat berikut ini:

Kesalahan pertama: Ukuran curling iron tidak tepat

(Glamour)

Kesalahan pertama menggunakan curling iron adalah berasumsi jika ukuran curling iron lebih besar makan gelombang rambut yang didapat lebih baik. Sebaiknya, memilih ukuran curling iron itu disesuaikan dengan panjangnya rambut.

Untuk rambut gunakan curling iron ukuran 1 inchi. Dengan ukuran ini kamu akan mendapatkan gaya rambut keriting penuh dan membentuk spiral. Untuk rambut panjang, gunakan curling iron dengan ukuran 1,25 inci. Dengan ukuran ini kamu bisa mendapatkan keriting ukuran sedang yang longgar. Agar kesan mengembang hilang, kamu bisa menggunakan sikat kayu untuk menyikat rambut setelah dikeriting.

Kesalahan kedua: Menggunakan hairspray setelah curling

(Glamour)

Kesalahan kedua dalam curling iron adalah menggunakan hairspray setelah curling. Cara yang benar agar rambut bergelombang lebih tahan lama adalah sebelum melakukan curling. Selain itu Stone juga menyarankan agar menghindari minyak rambut saat curling. Sebab minyak rambut akan membuat ikal kamu berat di bagian bawah.

Kesalahan ketiga: Pengaturan panas yang tepat

(Glamour)

Pengaturan panas yang tepat saat curling iron akan mempengaruhi hasil pengeritingan. Ada pengaturan sesuai dengan jenis rambut. Untuk rambut tebal dan kasar, disarankan untuk curling adalah dalam panas tinggi. Sedangkan untuk rambut halus disarankan untuk penggunakan pengaturan lebih rendah.

Kesalahan keempat: Tidak menggunakan teknik pembungkus berbeda

(Glamour)

Kamu bisa mendapatkan hasil pengeritingan sesuai keinginanmu dengan gunakan teknik membungkus yang berbeda. Gunakan klip besi untuk keriting glam dan gunakan curling tongkat untuk rambut gelombang lepas. Berbagai jenis model rambut bergelombang dan ikal mengharuskan kamu untuk membagi semua rambut menjadi beberapa bagian kecil.

Kesalahan kelima: Tidak memperhatikan arah lengkungan besi

(Glamour)

Bagaimana mendapatkan rambut bergelombang lebih baik? kamu harus memperhatikan cara menggunakan curling iron. Jika kamu menginginkan rambut bergelombang utuh maka tahan curling iron secara horizontal. Sementara jika kamu menginginkan rambut bergelombang dengan jarak lebar maka gunakan curling iron secara vertikal.

Kesalahan keenam: Memegang besi pada rambut terlalu lama

(Glamour)

Kesalahan selanjutnya dalam mengeriting rambut adalah memegang besi terlalu lama. Yang harus diubah dalam pemikiran kamu adalah memegang curling iron di rambut maksimal 8 sampai 10 detik saja. Kamu dapat menahan curling iron pada rambut sedikit lebih lama jika rambut kamu tahan dan bila kamu ingin volume rambut lebih bergelombang. Untuk hasil maksimal, lakukan secara konsisten.

Kesalahan ketujuh: Tidak mengeringkan rambut

(Glamour)

Sebelum melakukan pengeritingan rambut, pastikan rambut kamu dalam kondisi kering. Hasil pengeritingan akan maksimal jika rambut dalam kondisi kering. Gunakan hairdyer dan aplikasikan serum yang dapat melindungi rambut dari kekeringan. Agar curly bertahan lama, kamu disarankan memakai hairspray atau mousse.

GLAMOUR

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments