hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

21 Januari 2017, 10:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak info beredar kalau popcorn itu makanan yang tidak bergizi, tapi ada juga yang bilang popcorn termasuk camilan sehat. Mana yang benar ya?

Jawabannya, tergantung bagaimana cara kamu memakannya.

Popcorn dengan lelehan mentega disajikan dalam mangkuk kayu.
(PIXABAY)

Popcorn atau berondong jagung, yang diolah tanpa tambahan pemanis atau penyedap rasa memang termasuk camilan sehat. Karena makanan ini kaya antioksidan dan rendah kalori.

Tiga porsi popcorn murni hanya memiliki 93 kalori, satu gram lemak dan dekat dengan empat gram serat.

Tapi, kalau kamu suka ngemil popcorn yang biasa dijual di bioskop, ya belum tentu sehat. Karena untuk membuat rasanya enak, biasanya camilan dari jagung ini diberi tambahan topping mentega, karamel bahkan pewarna.

Popcorn yang dijual di bioskop. (CNN)

Satu bungkus popcorn aneka rasa ukuran sedang mengandung 1200 kalori, 980 miligram sodium dan 60 gram lemak jenuh, atau setara dengan jumlah lemak jenuh yang diperbolehkan selama tiga hari. Jika kamu mengonsumsi lebih dari satu bungkus, maka kebayang kan banyaknya lemak jenuh yang masuk dalam tubuhmu. 

Belum lagi jika proses memasaknya menggunakan microwave. Profesor rekanan Departemen Ilmu Kesehatan Lingkungan UCLA, Yifang Zhu mengatakan, saat popcorn dipanaskan menggunakan microwave membuat jagung mengeluarkan partikel sangat halus yang dapat membahayakan kesehatan.

Popcorn murni tanpa rasa. (PIXABAY)

Jadi, cara terbaik membuat popcorn adalah dengan memasak di kompor memakai minyak zaitun. Popcorn yang dihasilkan jauh lebih enak dan sehat ketimbang yang diolah menggunakan microwave.

Lalu, bagaimana jika membeli popcorn di supermarket? Guys, ada baiknya jika memeriksa label nutrisi, seperti jumlah porsi, natrium dan variasi gula sebelum membeli camilan ini.

Popcorn dengan taburan kayu manis. (PIXABAY)

Kesimpulannya,  popcorn yang kita konsumsi sebaiknya yang tanpa rasa. Kalaupun ingin membuat popcorn dengan aneka rasa tapi tetap sehat, kamu bisa mencoba menambahkan bahan-bahan alami seperti kemangi, oregano, bubuk paprika, bubuk teh hijau, kunyit, kayu manis dan susu almond.

Karena yang membahayakan kesehatan bukan popcorn-nya guys, melainkan bahan perasa tambahan yang mengandung kalori tinggi .

 

CNN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments