EDITOR : DASNITA M. SINAGA

20 Januari 2017, 06:36 WIB

CINA

Kompleks istana dengan arsitektur kekaisaran Cina yang sering kita lihat di film kolosal Mandarin, ternyata benar-benar ada dan masih bisa kita jumpai hingga sekarang lho guys! Salah satunya Kota Terlarang alias The Forbidden City di Beijing, Cina.

 

Salah satu bangunan kuno di dalam Kota Terlarang. (NETCJ)

 

Kota Terlarang enggak seseram namanya kok, kota ini justru berupa kompleks istana yang setiap bangunan tampak seperti kuil kuno yang megah. Dan kamu bisa bebas mengelilingi kota yang berumur 600 tahun ini.

 

Dulunya tempat tinggal kaisar Tiongkok ini hanya boleh dimasuki oleh keluarga dan tentara kerajaan dinasti Ming saja. Rakyat biasa dilarang memasuki lokasi ini tanpa izin dari kaisar atau kerabat kaisar, makanya bekas istana seluas 720 meter ini disebut sebagai Kota Terlarang.

 

Kota Terlarang tampak dari luar gerbang. (NETCJ)

 

Meski sudah tidak lagi menjadi tempat tinggal bangsawan, kota tua ini tetap menjadi simbol kekuasaan Cina. Gambar bangunannya bahkan menjadi lambang negara Republik Rakyat Cina.

 

Saat memasuki pintu gerbang Kota Terlarang, kamu akan melihat foto pemimpin kharismatik negara Cina, Mao Tse Tung terpajang di tembok. Foto Jenderal Mao sengaja diarahkan menghadap ke Tiananmen Square, karena di sanalah jenazah sang jenderal disemayamkan.

 

 Bagian langit-langit istana yang terbuat dari kayu. (NETCJ)

 

Pada tahun 1987, UNESCO mencatat Kota Terlarang ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Badan pendidikan dan kebudayaan dunia ini memasukkan kota bersejarah Cina ini sebagai koleksi kota dengan struktur kayu kuno terbesar di dunia. 

 

Museum istana. (NETCJ)

 

Salah satu lokasi yang menarik perhatian wisatawan adalah museum istana dengan luas 780 ribu meter persegi dan memiliki 8.700 kamar. Museum yang didominasi warna merah dan kuning ini sengaja didesain berbentuk labirin untuk mengecoh musuh pada masa itu.

 

Enggak perlu khawatir tersesat, karena kamu bisa menyewa mobil di dalam kawasan ini untuk berkeliling museum dan seluruh kompleks bekas istana kaisar ini.

 

Taman di dalam kompleks Kota Terlarang. (NETCJ)

 

Tempat menarik lainnya adalah taman seluas 190 ribu meter persegi yang dulu menjadi tempat istirahat keluarga kaisar. Di dalam taman terdapat sekira 700 pohon dan di setiap batang pohon tertera nama jenis pohon plus barcode. Beberapa pohon tua diberi penyangga, agar pohon tetap berdiri tegak dan tidak rusak.

 

Arnie Simanjuntak di aula Kota terlarang. (NET CJ)

 

Ada juga aula yang dulunya menjadi tempat pemujaan dan area pertunjukan tarian dan musik tradisional. Saat ini banyak orang memakai aula tersebut sebagai tempat foto pre-wedding.

 

The Forbidden City buka dari jam 8.30 sampai 16.00 waktu setempat. Untuk masuk ke sana, kamu cukup merogoh kocek 40 yuan atau Rp 80 ribu. Setelah itu, puas deh wisata di kota tua.

 

 

NET CITIZEN JOURNALIST: ARNIE SIMANJUNTAK

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments