EDITOR : DASNITA M. SINAGA

19 Januari 2017, 06:02 WIB

CINA

Beberapa hari belakangan, balon ayam jantan berukuran jumbo yang dipajang di pusat-pusat perbelanjaan Cina viral di media sosial hingga media internasional. Desainnya disebut-sebut mirip Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump.

Bahannya terbuat dari karet dengan bagian kepala ayam didesain memiliki rambut kuning emas yang disisir rapi gaya klasik, lengkap dengan jambul. Tangan kanan ayam mengacungkan jari telunjuknya, sementara dada ayam membusung dan perutnya buncit.

Pekerja menunjukkan balon ayam raksasa kepada pembeli. (REUTERS)

Salah satu pabrik yang memproduksi balon-balon ayam ini adalah Yifang Inflatables, sebuah perusahaan di kota Jiaxing dekat Shanghai. Namun, perusahaan ini membantah sengaja mendesain balon ayamnya mirip dengan presiden Amerika Serikat ke-45.

“Meski beberapa pelanggan berpikir balon ini memiliki kemiripan dengan Trump, kami tidak bertanggung jawab untuk ini,” jelas pemilik pabrik Yifang Inflatables, Wei Qing

Menurut Wei, berdasarkan kalender Cina tahun ini memiliki shio ayam. Balon ayam jantan yang dibuatnya untuk menyambut shio ayam tersebut. Masyarakat Cina sendiri melihat balon ayam jantan ini sebagai shio ayam, bukan Trump.

Jadi bisa dibilang ini adalah suatu kebetulan, Yifang Inflatables membuat balon ayam dengan ukuran mulai dua meter sampai 20 meter, menjelang pelantikan Trump yang tinggal beberapa hari lagi.

Pekerja merapikan balon ayam mirip Trump. (GLOBAL TIMES)

Saat ini, kata Wei, para pekerja di pabriknya bekerja ngebut mengejar pesanan. Ia menargetkan, sebelum liburan 27 Januari mendatang, mereka bisa menjual 100 balon ayam jantan lagi.

Selama bisnis ini, kata Wei, pihaknya mendapat banyak pesanan baik online maupun offline. Balon ayam jantannya telah terjual 100 buah terdiri dari beragam ukuran, mulai dua sampai lima meter. Pembelinya bukan hanya dari daratan Cina, melainkan dari Taiwan hingga Amerika.

Wei sendiri mulai memproduksi balon ayamnya setelah sebelumnya media sosial dan media massa di Cina menyoroti sebuah patung di pusat perbelanjaan di provinsi Shanxi di utara Desember 2016.

Sejumlah media China menyoroti kesamaan antara balon ayam itu dan Trump. Bahkan sebuah surat kabar yang dikelola negara ini berkomentar, patung ayam tersebut memiliki gaya rambut yang sama seperti presiden terpilih Amerika Serikat

Pekerja mengembangkan balon. (YIBADA)

Sementara Huffingtonpost memberitakan, patung ayam di pusat perbelanjan Cina itu dirancang seniman dari Amerika, Casey Latiolais. Casey sendiri tidak membantah bahwa  ayam yang didesainnya ada kemiripan denganTrump.

Seniman grafis ini menambahkan, Trump suka mencuit di saat matahari terbit  sebagaimana ayam jantan yang suka berkokok. “Maka saya pikir anda dapat mulai menggambar persamaan seperti itu." jelasnya.

 

APTN | HUFFTINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments