hero
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan di Pondok Pesantren Assalaam, Jawa Tengah. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

19 Januari 2017, 20:10 WIB

SOLO, INDONESIA

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Robert Donovan Jr tertarik dengan toleransi dan keragaman umat di Indonesia, ia pun mengaku ingin mengetahui tentang Islam di negara ini.

"Ini pertama kalinya saya ke pesantren, saya ingin belajar banyak tentang Indonesia. Belajar tentang Islam dan para santri," ujar Donovan di hadapan ratusan santri Pondok Pesantren Assalam, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 19 Januari 2017.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan dan pengurus pondok pada kegiatan kunjungan di Pondok Pesantren Assalaam, Jawa Tengah. (ANTARA) 

Dalam kunjungan itu, ia juga melayani sesi tanya jawab oleh santri. Pria yang pernah menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri untuk Kepala Staf Militer Pentagon menjawab berbagai pertanyaan para santri bagaimana toleransi di Amerika terutama untuk warga muslim.

"Jika ada kesempatan belajar di Amerika Serikat, anda akan menemukan toleransi beragama disana, sebab hal itu diatur konstitusi," jawabnya.

Santri Pondok Pesantren Assalam bertanya ke Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Robert Donovan. (NET/Angga) 

Negara Paman Sam, kata Donovan, adalah negara yang sangat toleran karena warganya berasal dari berbagai macam suku dan budaya sama seperti di Indonesia. Donovan berharap, selama bertugas di Indonesia akan bisa belajar mengenai Islam dan kehidupan toleransi di Indonesia.

BACA JUGA:
Rencana AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Dikecam
Pidato Perpisahan Michelle Obama yang Mengharukan
Antara Trump, Jokowi, dan Berakhirnya Obama
Presiden Obama Menjawab "Tweet Kejam" Donald Trump

Sebelum mengunjungi Pondok Pesantren Assallam, Donovan bertemu dengan Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo. Sejumlah agenda pertemuan juga dilakukan Donovan di kampus Universitas Negeri Solo.

Tiba di Indonesia sejak akhir 2016, Dubes Donovan menggantikan Robert Blake sebagai perwakilan tertinggi AS di Indonesia. Ia dinobatkan sebagai dubes AS untuk Indonesia pada 4 November 2016, kunjungan ke Solo merupakan kunjungan kerja pertama di luar Jakarta.

ANGGA EKA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments