hero
(NET.Z/Arief Rachman)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Januari 2017, 14:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kasus dugaan penodaan Pancasila yang menjerat pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Polda Jawa Barat kini naik ke tahap penyidikan. Namun hingga saat ini, polisi belum menetapkan Rizieq sebagai tersangka dalam kasus itu.

"Sampai saat ini sudah 13 saksi yang kami periksa, sudah ke tingkat penyidikan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Yusri Yunus, Kamis, 19 Januari 2017. "Ada beberapa saksi yang harus kita lengkapi."

Pimpinan FPI Rizieq Shihab (kiri) mendatangi Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan, di Bandung, Jawa Barat, Kamis 12 Januari 2017 . (ANTARA)

 

Polisi tidak mau gegabah dan langsung menetapkan Rizieq tersangka dalam kasus itu. Yusri mengatakan institusinya akan kembali memanggil pentolan FPI itu sebagai saksi dalam kasus ini.

"Untuk bisa membuat gelar perkara dari apa yang disangkakan terhadap Rizieq Shihab, kami akan selesaikan dan gelarkan lagi," ujar dia. "Termasuk akan memanggil ulang Rizieq Shihab secepatnya."

Kasus ini bermula dari laporan Sukmawati Soekarnoputri pada 27 Oktober 2016 lalu di Badan Reserse Kriminal Polri. Sukmawati melaporkan Rizieq lantaran dianggap menodai lambang negara, Pancasila, dalam ceramahnya.

Ceramah Rizieq yang dilaporkan oleh Sukmawati ke polisi ada dalam sebuah video dan diunggah dua tahun lalu.  Sukmawati mengaku baru mendapat info video itu pada Juni 2016.

Sukmawati Soekarnoputri dan Rizieq Shihab. (NET/Instagram)

 

Dalam gambar bergerak itu, Rizieq menyebut, "Pancasila Soekarno ada di pantat, sedangkan Pancasila Piagam Jakarta Ketuhanan ada di kepala."

Kasus ini kemudian dilimpahkan ke Kepolisian Daerah Jawa Barat. Pada Kamis dua pekan lalu, Rizieq diperiksa Polda Jabar atas kasus itu.

ANGGI  PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments