hero
Kim Kardashian berpose bersama penggemarnya. (MIRROR)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

18 Januari 2017, 14:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Pernah berfoto dengan pose jari berbentuk huruf 'V'? Ada baiknya mulai sekarang kamu kurangi kebiasaan berfoto dengan pose tersebut karena bisa membahayakan diri kamu sendiri.

"Hanya dengan berpose menggunakan tanda perdamaian di depan kamera, sidik jari seseorang dapat tersebar luas," ujar Profesor Isao Echizen, peneliti National Institute of Informatics (NII).

Miley Cyrus. (INSTAGRAM/mileycyrus)

Tim peneliti dari NII mengungkapkan bahwa ada peluang sidik jari kamu dicuri saat berpose seperti itu. Sekarang teknologi rekognisi sidik jari untuk memverifikasi identitas diri sudah dijual bebas.

Para pelaku kejahatan bisa saja membuat replika sidik jari kamu dengan memanfaatkan foto jari telunjuk menghadap kamera. Penjahat juga akan semakin mudah karena belakangan perangkat smartphone didukung dengan kamera beresolusi tinggi. Belum lagi ditambah platform media sosial yang bisa membuat foto tersebar dengan cepat.

"Data sidik jari dapat ditiru jika sidik jari jelas terlihat dengan fokus dan pencahayaan yang baik," tambah Isao Echizen.

Remaja berpose dengan jari berbentuk huruf 'V'. (MIRROR)

Para peneliti NII sendiri sudah membuktikan jika sidik jari dapat dipalsukan. Yakni menggunakan foto seseorang yang diambil menggunakan kamera digital dengan jarak 3 meter.

Dengan adanya temuan ini, NII akan mengembangkan film transparan yang mengandung titanium dioksida yang bisa ditempelkan pada jari. Tapi teknologi tersebut kemunginan baru akan hadir pada 2019 mendatang.

MIRROR | DAILY EXPRESS

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments