hero
Lembaran mata uang Rupiah edisi baru. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

17 Januari 2017, 23:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bank Indonesia membantah tudingan Ketua Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab yang menyebut bahwa logo yang ada di uang emisi terbaru Bank Indonesia terdapat lambang palu arit.

Untuk membuktikan hal itu, penyidik Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya kemudian meminta keterangan saksi ahli dari Bank Indonesia terkait bagaimana proses pembuatan uang tersebut.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya minta keterangan Bank Indonesia soal logo palu arit. (NET/Octa)

Deputi Direktur Komunikasi Bank Indonesia Andi Wiyana mengatakan, proses pembuatan uang emisi baru itu dilindungi sistem pengamanan terbaru yang disebut rectoverso. Menurutnya, tudingan Rizieq terhadap logo uang itu tidak berdasar.

"Proses itu kita lakukan agar semakin susah untuk ditiru atau dipalsukan dan dikerjakan secara teliti," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 17 Januari 2017.

Presiden Jokowi dalam peluncuran uang emisi 2016. (NET)

Adapun saksi ahli yang dimintai keterangan, lanjut Andi, ialah salah satu Direktur Percetakan Uang BI bernama Desimus beserta enam orang stafnya. Andi mengaku dalam pemeriksaan yang dilakukan selama 7 jam, pihaknya mendapat  23 pertanyaan terkait teknis fitur pengamanan di lembaran uang baru.

"Pengamanan itu diperlukan agar masyarakat tenang dan yakin uang yang dipegangnya itu asli," tambahnya. 

Rizieq Shihab memberikan keterangan saat melakukan pertemuan dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA)

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat mengatakan selain saksi ahli dari pihak Bank Indonesia, hingga kini pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi.

"Ada saksi ahli pidana, kemudian ahli ITE (Informasi dan Teknologi Elektronik) dari Kominfo," kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, pemeriksaan saksi ahli untuk memperjelas apakah logo itu merupakan palu arit atau bukan. Dari keterangan tersebut, penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan langkah penyelidikan selanjutnya.

Rizieq Shihab saat jalani pemeriksaan di Polda Jabar terkait kasus dugaan penghinaan Pancasila dan proklamator Soekarno. (NET/Anggi)

"Nanti kami lihat hasilnya bagaimana, kami evaluasi dulu dalam gelar perkara dan bagaimana peningkatannya" tuturnya.

Sebelumnya, Dalam video berdurasi 2 menit 49 detik yang diunggah akun resmi FPI TV ke media sosial, Rizieq seolah meyakinkan masyarakat, bahwa logo yang ada di uang itu betul berlambang palu arit.

BACA JUGA:
Tekad Panglima TNI soal FPI
Kapolda Metro Tindaklanjuti Laporan 'Jenderal Otak Hansip'
Rizieq Segera Diperiksa soal Logo Palu Arit
Diproses Hukum, Rizieq Mengadu ke Fadli Zon

"Bagian yang bukan palu arit disamarkan. Kami tanya saudara, sejak kapan uang negara pakai palu arit, ini bukan fitnah, ini fakta," kata Rizieq dalam cuplikan video tersebut.

Akibat postingan itu, Rizieq dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah. Laporan itu berkaitan dengan ceramahnya yang menyebut uang baru berlogo palu arit. 

Tak hanya itu, Rizieq kembali dilaporkan oleh Solidaritas Merah Putih. Mereka menilai, Rizieq telah menyebarkan fitnah terkait logo uang baru dan fitnah terhadap Presiden RI Joko Widodo sebagai komunis.

OCTA BARRY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments