hero
Ilustrasi TNI dan FPI. (NET.Z)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 Januari 2017, 14:40 WIB

INDONESIA

Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan sikap TNI yang mendukung dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara. Soal Front Pembela Islam, Gatot perlu mendalami.

"TNI berkomitmen mendukung program pemerintah dan siap menghadapi semua ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan radikalisme yang mengganggu pembangunan nasional," kata Gatot, Selasa, 17 Januari 2017.

Disinggung soal FPI yang dinilai kerap bertentangan dengan Pancasila, Gatot tak menjawab tegas. "Masih didalami. Kalau benar itu FPI, ya itu targetnya. Tapi masih didalami," ujar Gatot.

FPI kembali menjadi sorotan pasca sejumlah aksi mereka yang dinilai anarkis dan anti keberagaman. Bahkan tokoh FPI Rizieq Shihab dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri karena dianggap menghina Pancasila dan proklamator Soekarno.

Unggahan Instagram FPI soal TNI yang beri latihan bela negara. (INSTAGRAM)

Pasca pemeriksaan Rizieq di Polda Jawa Barat, sejumlah insiden kekerasan kembali berulang. Bentrokan dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia, hingga pembakaran kantor GMBI di Bogor.

Akibat ulah tersebut, suara dan keinginan membubarkan FPI kembali mencuat. Namun pembubaran sebuah ormas tak bisa serta merta dilakukan begitu saja oleh pemerintah.

Jenderal Gatot, Presiden Jokowi, dan Jenderal Tito Karnavian di sela-sela Rapimnas TNI. (ANTARA) 

"Kami tidak punya kewenangan. Kalau ormas ini dianggap punya ajaran sesat, kejaksaan yang punya hak untuk membubarkannya," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Menurut Tjahjo, FPI terdaftar sebagai ormas di kementeriannya hingga 2019 mendatang. "Membubarkan ormas itu tidak mudah. Ada tahapan peringatan pertama, kedua, dan ketiga. Juga ada proses pengadilan," ujarnya.

DIYAS PRADANA | DEDE ROHALI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments