hero
Demo FPI di Mabes Polri. (NET/Derajat)

EDITOR : TITO SIANIPAR

16 Januari 2017, 19:25 WIB

INDONESIA

Demonstrasi Front Pembela Islam di depan Markas Besar Kepolisian RI berakhir tanpa insiden. Polisi menerima tuntutan pendemo dan menyatakan ada mekanisme tersendiri untuk memprosesnya. 

"Kami menyambut positif apa yang disampaikan mereka yang unjuk rasa dan yang disampaikan perwakilan mereka," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Rikwanto, Jakarta, Senin, 16 Januari 2017.

Lebih dari seribu massa FPI berdemo di depan Mabes Polri menuntut dicopotnya Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Anton Charliyan. Mereka juga meminta polisi mengusut kasus-kasus yang merugikan FPI.

Salah satunya adalah insiden bentrokan pasca pemeriksaan Rizieq Shihab pada Kamis, 12 Januari 2017 lalu. Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri karena dinilai menghina Pancasila dan proklamator Soekarno.

Aksi simpatik aparat saat demo FPI. (NET/Derajat)

Seusai Rizieq diperiksa polisi 12 Januari 2017, bentrokan antara FPI dan ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia terjadi. Sejumlah massa FPI merusak motor GMBI dan massa GMBI membalas merusak mobil anggota FPI.

Insiden itu berbuntut panjang. Jumat, 13 Januari 2017 dinihari, markas GMBI di Kampung Tegalwaru, Ciampea, Bogor dibakar massa FPI. Polisi menetapkan 12 orang yang diduga massa FPI sebagai tersangka. 

Markas GMBI yang dibakar massa. (NET/Dedi)

FPI sendiri menuntut polisi untuk adil dan juga memproses ormas GMBI yang melakukan tindakan kekerasan. "Ada santri kami yang dipukuli," kata Juru Bicara FPI Munarman, seusai pertemuan dengan Rikwanto.

Menurut Munarman, laporan penganiayaan itu sudah dibuat di Polres Kota Besar Bandung. "Polisi tidak boleh berpihak dan menjadi backing salah satu pihak," ujar Munarman. 

Munarman saat demo. (NET/Derajat)

Polisi, kata Rikwanto, sudah menerima berbagai bukti yang disertakan FPI baik tertulis, maupun berbentuk video. "Kami akan mendalami info itu. Butuh waktu dan ada mekanisme sendiri," pungkas Rikwanto.

MELISA LOLINDU

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments