hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

14 Januari 2017, 09:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sejumlah kota di dunia menawarkan lokasi wisata yang khusus bagi turis muslim. Pengelola wisata umumnya menyediakan tempat yang menyajikan beragam makanan halal, seperti di Jepang dan Seoul, Korea Selatan.

Nah, di Selandia Baru juga ada kota yang ramah bagi wisatawan muslim. Coba deh datang ke Hamilton, sebuah kota dengan hamparan padang rumput hijau yang memanjakan mata. 

Hamilton Gardens (IMS)

Jangan lewatkan berkunjung ke kebun wisata terkenal Hamilton Gardens, yang dibanjiri sejuta lebih turis lokal dan asing setiap tahun. Area kebun wisata ini, awalanya merupakan tempat pembuangan sampah lho!.

Setelah dikelola dengan serius, Hamilton Gardens akhirnya dinobatkan sebagai taman terbaik di dunia pada 2014. Keren ya!

Kota yang ramah muslim di Hamilton bisa dilihat dari keberadaan masjid dan toko halal. Meskipun tergolong minoritas, pemeluk agama Islam di Negeri Kiwi tersebut belakangan berkembang pesat.

Masjid Jamia di Hamilton. (IMS)

Masjid Jamia menjadi masjid utama di kota kecil ini. Rumah ibadah berdaya tampung 500 orang jamaah tersebut juga menjadi pusat informasi bagi wisatawan muslim.

Pimpinan Federasi Ikatan Muslim Selandia Baru (FIANZ), Mustafa M. Farouk mengatakan, selain masjid raya itu ada dua masjid lain di Hamilton. Ruang salat pria dan wanita pun terpisah.

Seperti di Indonesia, masjid itu pun punya fasilitas pendidikan yang lengkap seperti sekolah Islam.

Firdaus, toko daging halal. (IMS)

 

Daging ayam dan sapi yang dijual di toko Firdaus. (IMS)

Selain itu, sejumlah toko kelontong dan daging pun mengantongi sertifikat halal. Misalnya Toko Firdaus yang dikelola Ibrahim, pria berdarah Melayu yang merintis usahanya di sana empat tahun silam.

Dulu ia merasakan sulitnya mendapat makanan halal di sana. “Alhamdulillah kami menempatkan kios ini sebagai kesempatan bagi kami untuk berkontribusi ke komunitas muslim dengan menyediakan beragam produk makanan halal dari berbagai negara,” katanya. 

Produk kuliner halal itu didatangkan dari 35 negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, juga Afrika.

 

IMS

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments