hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

12 Januari 2017, 06:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Travelling memang menyenangkan, karena kamu bisa eksplorasi tempat-tempat baru dan bertemu teman baru. Namun ada hal yang harus kamu ingat saat berkunjung ke suatu negara, bahwa budaya yang berlaku pasti berbeda dengan yang negara asalmu.

 

Untuk itu, kamu harus pelajari dulu budaya yang berlaku di tempat yang kamu kunjungi, terutama gerakan tangan. Sebab gerakan tangan sebagai simbol yang mungkin bagi kamu biasa dan baik-baik saja ternyata bagi masyarakat suatu wilayah ternyata berarti penghinaan. 

 

Berikut 10 gerakan tangan yang harus kamu ketahui sebelum berpergian.

 

 

 

Finger Beckoning atau Memanggil

 

Seorang perempuan memanggil dengan gerakan tangan.
(WWW.ALLDAY.COM)

 

Jika Filipina jadi negara tujuan wisata kamu, cobalah untuk tidak menatap orang sambil melakukan gerakan jari seperti memanggil atau finger beckoning. Sebab bagi orang Filipina melakukan hal tersebut sebagai isyarat untuk memanggil anjing mereka.

 

Sementara gerakan jari yang sama di Jepang dan Singapura ternyata mewakili kematian. Dengan demikian, orang Jepang dan Singapura percaya kalau kamu melakukan gerakan jari itu berarti kamu memanggil kematian untuk diri sendiri.

 

 

Jari Membentuk Victory atau Perdamaian

 

Turis berpose sambil memberi tanda Victory. (HUFFTINGTON POST)

 

Lambang perdamaian biasanya ditunjukkan dengan gerakan jari membentuk huruf V atau Victory yang berarti kemenangan. Budaya di Amerika dan Indonesia, gerakan V dengan telapak tangan mengarah ke dalam atau mengarah ke luar adalah hal yang sama.

 

Sementara di Inggris, Australia, Irlandia, atau Selandia Baru, isyarat peace dengan dua jari 'V' itu dilakukan dengan telapak tangan ke luar dan mengarah ke atas. 

 

 

Stop Hand

 

Seorang gadis memberikan tanda stop dengan tangan.
(FINEST PICTURE GALERY)

 

Di Yunani, kamu harus berhati-hati kalau membuat gerakan membuka telapak tangan dan merentangkan semua jari denga posisi tangan ke atas seperti mengisyaratkan berhenti atau stop. Isyarat yang dikenal di Yunani dengan moutza ini berarti cacian atau pelecehan.

 

Kepercayaan itu bermula dari zaman Romawi Timur atay Bizantium. Pada zaman itu penjahat dipamerkan di jalan-jalan dan akan diolesi dngan kotoran atau arang oleh pengamat dengan telapak tangan terbuka mereka.

 

Isyarat tangan ini juga memiliki arti yang sama di Pakistan, kebanyakan Afrika, Jepang dan Korea yang juga berarti "binatang" dengan bentuk jempol mengarah ke telapak tangan.

 

 

 

Simbol Oke

 

Nicole Kidman memberikan tanda oke pada wartawan.
(WWW.ALLDAY.COM)

 

Membuat lingkaran tangan dengan tangan dan telunjuk lazim kita artikan sebagai tanda "baik" atau "oke". Namun gerakan ini berbeda arti di Turki, Venezuela dan Brasil. Di tiga negara tersebut, gerakan tangan ini dianggap ofensif.

 

Sedangkan di Prancis, melakukan gerakan tangan ini sama saja mengganggap orang lain tidak berharga atau "zero".

 

 

Gerakan Tangan 'Rock On'

 

Gadis yang berdandan ala rocker dan memberi tanda rock on.
(iSTOCK)

 

Gerakan tangan menggumpal dengan telunjuk dan jari kelingking diacungkan adalah isyarat disebut corna. Di negara kita tanda ini dikenal sebagai simbol metal dan rock atau tanduk setan.

 

Namun di Spanyol, Italia, Brasil, Columbia dan Portugal berarti istri kamu tidak setia.

 

 

Menepuk atau Mengusap Rambut Orang

 

Seorang bayi membelai rambut ibunya.
(WWW.AWW.COM)

 

Sedikit menepuk kepala atau mengusap rambut orang adalah cara yang umum di sejumlah negara untuk menunjukkan kasih sayang.

 

Berbeda dengan di Thailand. Ajaran Budha sebagai mayoritas agama yang dianut di Thailand menyatakan kepala sesuatu yang sakral dan tidak boleh sembarangan disentuh. Kepala dipercaya sebagai sesuatu yang suci karena merupakan simbol semangat hidup.

 

 

Thumbs Up atau Jempol

 

Taylor Swift memberi tanda setuju dengan tangannya.
(WWW.ALLDAY.COM)

 

Sosial media mengadopsi simbol jempol untuk menunjukkan bahawa seseorang menyukai atau menyetujui sesuatu.

 

Tapi tanda yang sama di negara Iran, Yunani, Afghanistan, Rusia, Amerika Latin, Afrika Barat dan Italia Selatan bahwa itu setara dengan memberi jari tengah kepada orang lain.

 

 

Gerakan Telapak Tangan Panggil Taksi

 

Perempuan mencoba menyetop taksi. (WWW.ALLDAY.COM)

 

Gerakan tangan menyetop taksi dengan telapak tangan menghadap ke atas di Korea Selatan berarti isyarat memanggil anjing mereka.

 

Gerakan yang baik menghentikan taksi di sana adalah menggerakkan tangan kamu ke atas dan ke bawah secara vertikal dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

 

 

Crossing Fingers

 

Seorang gadis membuat tanda cross finger. (NY POST)

 

Isyarat menyilangkan dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah di sejumlah negara seperti di Amerika berarti harapan seseorang supaya beruntung.

 

Namun, jangan sekali-kali kamu lakukan hal itu di Vietnam. Sebab di negara ini tanda cross finger dianggap kasar dan vulgar karena mewakili anatomi perempuan.

 

 

Menggunakan Tangan Kiri

 

Remaja makan menggunakan tangan kiri.
(GOOD TO KNOW)

 

Di sejumlah negara seperti Asia seperti India, Timur Tengah, Afrika, Sri Lanka dan Indonesia, menggunakan tangan kiri untuk sejumlah aktivitas seperti makan dipandang sebagai suatu hal yang tidak baik. Sebab tangan kiri hanya digunakan untuk aktivitas di kamar mandi.

 

 

 

WWW.ALLDAY.COM

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments