hero
(STIPJAKARTA)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Januari 2017, 17:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pelaksana tugas Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Arifin Soenardjo mengatakan perguruannya memecat empat dari lima taruna tersangka penganiayaan terhadap Amirullah Adityas Putra. Satu taruna lagi hanya dinonaktifkan dan menanti proses dari kepolisian.

"Hasil dewan kehormatan taruna, empat orang pelaku pemukulan dikeluarkan, nah satu orang lagi belum terbukti memukul," kata Arifin, Kamis, 12 Januari 2017. "Tapi mempengaruhi, ke depan kami akan mengevaluasi semuanya."

Empat taruna yang dipecat itu berinisial SM, WH, I dan AR. Sedangkan pelaku berinisial J diduga terlibat pemukulan junior lainnya. Polisi hingga kini masih memeriksa lima orang di Polres Jakarta Utara.

Ucapan duka cita dari STIP Jakarta untuk Amirullah. (STIPJAKARTA)

 

Selain empat orang itu, beberapa ketua pengawas jaga taruna juga diberhentikan. Arifin menilai mereka lalai dalam mengawasi tindak kekerasan di kampus berseragam biru laut itu.

Tercatat ada sebanyak 1.400 taruna di STIP. Namun besaran itu tidak sebanding dengan pengawas taruna yang hanya berjumlah sekitar 20 orang. Meski pengawas taruna itu terdiri dari unsur TNI dan Polri, Arifin menilai hal itu belum cukup untuk mengawasi gerak-gerik para siswa.

Jumlah closed circuit television (CCTV) yang saat ini terpasang juga diakui Arifin belum mencakup seluruh ruangan di kampus yang terletak di utara Jakarta itu. "Kami mencari di mana kelemahannya. Ini sudah bagus kenapa masih kecolongan."

Seorang siswa STIP yang sedang mempelajari radar. (STIPJAKARTA)

 

Arifin mengatakan pihak sekolah akan memanggil seluruh orang tua para taruna terkait hal ini. Tujuannya, memastikan kepada mereka bahwa anaknya yang dititipkan mengemban ilmu di akademi pelayaran itu dijamin aman dari tindak kekerasan lanjutan.

Insiden penganiayaan kembali terjadi di STIP pada Selasa kemarin. Amirullah, yang merupakan siswa tingkat I di sekolah itu dikeroyok  hingga tewas oleh seniornya setelah latihan marching band.

ARIS SATYA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments