hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

12 Januari 2017, 15:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Di antara sekian banyak hal yang disampaikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pidato terakhirnya, ada satu yang membuatnya bangga. Itu adalah wanita yang setia mendampinginya selama ini, sang First Lady Michelle Obama.

Barack Obama bahkan tak bisa menahan air matanya ketika mengingat perjuangan yang telah dilakukan Michelle. Baik itu sebagai istri, ibu bagi kedua anaknya, juga sebagai ibu negara.

Sepanjang delapan tahun Obama menjalankan pemerintahan, Michelle banyak berperan aktif dalam berbagai kegiatan. Baik itu yang bersifat kenegaraan maupun yang berhubungan dengan kemanusiaan. Tak heran jika kemudian banyak pujian ditujukan padanya.

Berikut 5 fakta menarik tentang Michelle Obama yang mungkin belum diketahui banyak orang.

1. Nama tengahnya adalah LaVaughn.

LaVaughn nama tengah Michelle Obama. (TWITTER/Taryn Finley)

Michelle Obama memiliki nama tengah LaVaughn. Nama lengkapnya adalah Michelle LaVaughn Robinson. Wanita berusia 52 tahun ini lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

2. Kakek buyutnya adalah seorang budak.

Michelle Obama. (THE HUFFINGTON POST)

Tahun 2008, The Washington Post pernah melaporkan jika Michelle Obama sempat mempelajari lagi silsilah nenek moyangnya. Setelah bertemu dengan kerabatnya di South Carolina, Michelle mengetahui lebih banyak soal kakek buyutnya yang bernama Jim Robinson.

Kakek buyut Michelle yang kelahiran 1850 itu ternyata pernah menjadi budak hingga masa Perang Saudara di Amerika. Jim Robinson bekerja di perkebunan negara bagian. Hal ini sempat disampaikan Michelle Obama dalam pidatonya di Kongres Partai Demokrat tahun 2016.

3. Pernah meminta Barack Obama bertanding basket untuk mendapatkan hatinya.

Barack Obama dan Michelle Obama. (THE HUFFINGTON POST)

Ketika awal berkenalan, Michelle meminta Barack Obama menunjukkan kepiawaiannya dalam olahraga basket. Saat itu, Obama ditantang untuk bertanding basket one-on-one melawan Craig Robinson, kakak Michelle. Barack Obama pun tak menolak demi bisa mendapatkan hati Michelle.

4. Meninggalkan karir sebagai pengacara demi bekerja di sektor pelayanan publik.

Michelle Obama. (THE HUFFINGTON POST)

Michelle Obama meninggalkan profesinya sebagai pengacara dan memutuskan bekerja di jalur pelayanan publik. Michelle memulainya dengan bekerja sebagai asisten wali kota Chicago.
 
Michelle kemudian bergabung dengan University of Chicago sebagai dekan layanan mahasiswa. Ia juga mengembangkan program layanan sekolah berbasis komunitas.

5. Salah satu ibu negara AS dengan gelar Master.

Michelle Obama. (THE HUFFINGTON POST)

Michelle Obama menjadi salah satu First Lady Amerika Serikat dengan gelar Master, yang diperolehnya dari Harvard Law School. Selain Michelle, hanya ada dua mantan ibu negara AS dengan gelar pendidikan yang sama. Dua orang itu adalah Hillary Clinton dan Laura Bush.

THE HUFFINGTON POST | THE TELEGRAPH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments