hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

11 Januari 2017, 11:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Yups! bukan rahasia lagi, kalau warga Jepang memiliki umur panjang dan kondisi fisik yang sehat. 

Perempuan Jepang juga terkenal memiliki kulit halus serta awet muda yang bikin kamu iri. Tapi ternyata, warga negeri sakura ini punya cara istimewa lho dalam menjaga pola hidupnya.

Dalam buku yang berjudul Secrets of the Worlds Healthiest Children yang ditulis oleh Naomi Moriyama dan William Doyle, terdapat beberapa faktor penyebab masyarakat Jepang memiliki kondisi fisik yang sehat.  Apa saja itu?Check this out!

Pilih Makanan dengan Kalori Kecil

Menu sarapan pagi ala warga Jepang. 

Jika kamu suka masakan khas Jepang, pasti nggak kaget lagi dengan porsinya yang imut-imut. Ini karena masyarakat Jepang terbiasa makan dengan porsi kecil.

Hidangan ala negara matahari terbit ini biasanya terdiri dari semangkuk kecil nasi, sup miso dan lauk pendamping yang diletakan pada mangkok atau piring kecil. Sang penulis merekomendasikan untuk mengadaptasi pola makan gaya Jepang yang mengonsumsi sayuran, buah dan ikan dengan kalori lebih rendah.

Mereka juga jarang mengonsumsi makanan manis atau dessert. Dalam sehari, masyarakat Jepang hanya mengonsumsi 478, 8 gram gula. Sehingga mereka sering terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

Menahan Diri

Seorang anak sedang makan es krim. (JAPANESESTATION.COM)

Sejak anak-anak masyarakat Jepang sudah menerapkan pola hidup sehat. Anak-anak di negeri Dewa Matahari ini di dorong untuk menikmati makanan ringan dan cemilan seperti coklat, keripik, es krim, dan cookies dengan jumlah yang tepat.

Makanan yang disajikan selalu menggunakan piring kecil. Hal ini untuk menghindari konsumsi makanan dengan porsi berlebih. Selain itu, mereka tidak pernah menyimpan makanan ringan dalam jumlah banyak di rumah.

Makan Siang Bersama dengan Bahan Lokal

Siswi sekolah dasar Jepang, makan bersama di sekolah. (JAPANESEWOMEN)

Beberapa sekolah di Jepang menerapkan program makan siang bersama sejak sekolah dasar.  Biasanya makanan dibuat dari bahan-bahan yang ditanam secara lokal.

Selain itu, para murid sekolah juga ikut mempersiapkan makanan sehingga pengetahuan terhadap makanan menjadi lebih luas. Mereka juga belajar tentang nutrisi, cara memasak, dan keterampilan lain dalam hal makanan. Hal ini menjadi sarana bagi anak-anak untuk membiasakan hidup sehat sejak dini.

Makan Nasi Lengkap dengan Sayur dan Ikan

Makanan bekal ala Jepang berisi nasi dan lauk pauk. (PINTEREST)

Sama seperti Indonesia, nasi merupakan makanan pokok di Jepang. Namun tingginya kandungan karbohidrat yang jadi pemicu naiknya gula darah pada nasi membuat sebagian orang enggan makan nasi.

Salah satu cara masyarakat Jepang untuk mensiasatinya adalah dengan memadukan nasi dengan bahan lainnya, seperti ikan, sayuran, dan rumput laut. Sehingga dampak peningkatan gula darah bisa dikurangi.

Pola Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

Keluarga makan bersama. (DESIGN-AKARI.COM)

Penelitian yang dilakukan oleh penulis menyebutkan bahwa makanan yang dipilih dan dinikmati bersama di rumah menjadi penentu gaya hidup anak dikemudian hari. Oleh karena itu, orang tua di Jepang kerap menginspirasi anak-anak untuk mencoba berbagai makanan sehat.

Selain itu, para orang tua juga memeberikan contoh pola makan sehat. Mereka juga tidak marah  jika sang anak masih menolak untuk mencoba makanan baru.

 

WONDERFOOD

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...