hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

11 Januari 2017, 19:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu yang hobi travelling pasti pernah dong merasakan sebuah keinginan besar untuk berpetualang ke beberapa negara dalam waktu lama. Terutama ketika melihat sebuah tempat baru yang mengasyikkan untuk dikunjungi. 

 

Namun seringnya petualangan kamu harus dilakukan secara singkat karena terbentur waktu libur kantor atau budget. 

 

Well guys, sekarang nggak perlu takut untuk melakukan perjalanan dengan tanpa dibatasi waktu libur kantor. Sebab kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang bisa dilakukan sambil berpetualang.

 

Berikut 11 jenis profesi yang cocok bagi petualang sejati.

 

1. Roadie atau Teknisi

 

Konser berlangsung di sebuah lapangan. (TRAVEL AND LEISURE)

 

Profesi teknisi a.k.a roadie untuk soundman atau lighting man sangat dibutuhkan untuk mengiringi konser musik musisi atau band internasional. Roadie sangat berperan mengatur area backstage saat acara berlangsung.

 

Meski jenis pekerjaan ini menyita waktu karena banyak dilakukan di malam hari, namun roadie masih bisa menikmati perjalanan dan mengeksplorasi setiap kota yang disinggahi. Seru ya!

 

 

2. Importir atau Eksportir

 

Aneka souvenir yang siap diekspor. (TRAVEL AND LEISURE)

 

Seorang importir atau eksportir selalu melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mengantar barang yang dipesan pembeli. Selesai mengantar barang pesanan, biasanya sang eksportir punya waktu untuk sekaligus menikmati kota yang dikunjungi.

 

Berburu rangkaian kerajinan tangan dari seniman lokal yang menjadi ciri khas sebuah negara mungkin akan menjadi buah tangan yang menarik. Hal itu tentunya akan menjadi penyemangat untuk melakukan pengiriman barang di negara lain yang menjadi daftar pesanan pembeli selanjutnya.

 

 

3. Arkeolog

 

Seorang arkeolog sedang membersihkan benda kuno.
(TRAVEL AND LEISURE)

 

Profesi lain yang bisa dilakukan petualang sejati adalah arkeolog. Meski membutuhkan komitmen yang tinggi dan tidak hanya lulusan sekolah, arkeolog justru bisa dengan leluasa mempelajari budaya dari sebuah negara.

 

Arkeolog memiliki kesempatan besar untuk mempelajari sejarah sebuah peradaban manusia dan mengungkap reruntuhan kuno di berbagai tempat di dunia. Aktivitas ini tentunya menarik bagi petualang.

 

 

4. Guru Bahasa Inggris

 

Seorang guru sedang membacakan cerita kepada murid-murid.
(VITA.IT)

 

Menjadi guru bahasa Inggris juga bisa menjadi pekerjaan sementara buat kamu yang hobi jalan-jalan. Sebab permintaan akan pengajar bahasa Inggris di seluruh dunia sangat tinggi.

 

Kamu bisa mencobanya untuk mentransfer ilmu bahasa Inggris yang kamu punya di negara manapun. Mungkin kamu bisa mengajar bahasa Inggris selama satu tahun di suatu negara. Sambil bekerja, kamu bisa menikmati lokasi dan budaya baru. Rasanya seperti liburan musim panas gitu deh.

 

 

5. Perawat

 

Seorang perawat sedang melayani pasien. (TRAVEL AND LEISURE)

 

Profesi perawat dibutuhkan di mana saja, berbanding lurus dengan orang sakit yang juga tidak mengenal tempat. Untuk itu, peluang kerja bagi perawat sangat luas dan cocok bagi seorang petualang yang punya background medis.

 

Kamu bisa menjadi perawat dan merawat orang sakit di negara sesuai keinginanmu. Sambil bekerja, kamu masih bisa menikmati kota tempatmu bekerja. 

 

 

6. Freelance

 

(ALLTOPSTARTUPS.COM)

 

Elaina Bird yang merupakan pasangan blogger wisata yang bebas melakukan wisata mengatakan, "Selama kamu memiliki smartphone dan koneksi Wi-fi, kamu bisa bekerja di mana saja."

 

Ya begitulah yang dilakukan Elaina. Sebagai penulis blog, ia bisa sesuka hati melakukan perjalanan yang diinginkan. Asyiknya lagi, Elaina bisa sambil bekerja karena menuliskan pengalaman kunjungannya itu dalam sebuah blog.

 

Kamu seorang penulis, desainer web, fotografer atau ahli pemasaran? Jangan khawatir, dunia adalah basis klien kamu dengan bantuan teknologi digital.

 

 

7. Petani Relawan

 

Petani sedang mencuci sayur. (TRAVEL AND LEISURE)

 

Menjadi petani juga bisa berpetualang lho. Nggak percaya? Coba simak yang dilakukan World Wide Oppotunities di Organic Farms. Mereka menempatkan relawan di pertanian organik di seluruh dunia.

 

Dalam pertukaran tersebut, para sukarelawan mendapat makanan, akomodasi dan kursus kilat di bidang pertanian. Hmmm, menarik ya. Kamu mau coba?

 

 

8. Profesional Industri Travel

 

Dua orang pilot bersiap untuk lepas landas.
(HELATHYCAMPUS.UK)

 

Profesi ini jelas dipilih karena sebuah alasan. Yups, salah satunya berpetualang.

 

Profesi ini diantaranya menjadi karyawan di berbagai cabang jaringan hotel internasional, menjadi pemandu atau guide wisatawan, atau menerbangkan pesawat sebagai pilot. Peluang profesi yang patut dicoba.

 

 

9. Travel Blogger

 

Seorang turis menulis kisah perjalanannya.
(NATGEOTRAVELLER.CO.UK)

 

Era digital menjadikan kegiatan berselancar di dunia maya semakin mudah. Hadirnya Google Adsense, membuat penulis blog dapat meraup uang tunai hanya dengan menulis kisah perjalanan yang mereka lakukan.

 

 

10. Bartender

 

Bartender sedang meracik minuman. (BUSINESSINSIDER.COM)

 

Profesi bartender atau pelayan bar juga cocok dilakukan bagi yang suka berpetualang. Dengan jam kerja yang fleksibel, menjadikan profesi ini seperti bekerja dan bermain.

 

Seperti yang dilakukan Michelle Miller. Bartender di Florida ini telah melakukan perjalanan hingga ke tujuh benua sebelum ulang tahunnya ke-30.

 

 

11. Au Pair

 

Peserta Au Pair mrmbantu menjaga anak dari keluarga asing.
(TRAVEL AND LEISURE)

 

Profesi terakhir yang bisa dilakukan sambil berpetualang adalah Au Pair yaitu program bagi pelajar berusia 18 hingga 30 tahun untuk belajar atau memperdalam pengetahuan bahasa asing dengan tinggal bersama keluarga di negara yang kamu inginkan. Ada puluhan website diseluruh dunia yang mencari Au Pair untuk sebuah keluarga.

 

Menjalani program ini, kamu juga bisa sambil travelling. Belajar bahasa sambil membantu mengerjakan tugas di keluarga asing ternyata bisa juga digunakan untuk menyerap budaya baru.

 

 

 

TRAVEL AND LEISURE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments