hero
Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo pada parade Nusantara Bersatu. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2017, 14:20 WIB

INDONESIA

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan pelatihan bela negara merupakan hak setiap warga negara, termasuk bagi anggota organisasi masyarakat FPI. Namun, prosedur bela negara itu harus dilakukan secara disiplin.

"Kemarin itu dicopot sesuai yang disampaikan panglima kodam (pangdam) karena kesalahan prosedur ya," kata Gatot di kantornya, Rabu, 11 Januari 2017. "Memang bela negara hak semua warga negara, tapi prosedurnya harus benar."

Gatot mengarah kepada pencopotan Komandan Distrik Militer 06/03 Lebak, Banten Letnan Kolonel Ubaidillah lantaran melakukan pelatihan bela negara dengan FPI.  Menurut Gatot, Ubaidillah melakukan bela negara tanpa seizin atasannya.

Pangdam Siliwangi Letjen M. Herindra serah terima jabatan Danrem di Banten. (NET/Iman)

 

"Prosedurnya adalah dia harus melaporkan pada pimpinan.  Itu yang tidak dilakukan, jadi semaunya saja," ujar dia. Gatot tidak mempersoalkan pelatihan militer dilakukan oleh kelompok masyarakat manapun.

Gatot hanya menekankan setiap pelatihan bela negara haruslah memiliki silabus dan perencanaan yang matang. "Kemudian juga masalah kesehatan dan apa yang harus dicapai, tidak sembarangan seperti itu."

Sebelumnya, postingan akun Instagram dpp_fpi terkait pelatihan bela negara  menjadi viral di media sosial. Latihan itu digelar di Koramil Cipanas pada Kamis, 5 Januari 2017 lalu. Sejumlah netizen mengkritisi hal itu.

Postingan bela negara dalam akun Instagram dpp_fpi. (INSTAGRAM)

 

Musababnya, FPI selama ini dikenal sebagai ormas yang dekat dengan kekerasan dan dinilai anti-Pancasila. Komandan Daerah Militer Siliwangi Mayor Jenderal Muhammad Herindra juga mengakui hal itu.

Menurut Herindra, bela negara selayaknya untuk ormas atau LSM yang pro NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. 

DIAZ BELA | IMAN SANTOSA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments