hero
Trofi Piala Dunia. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

11 Januari 2017, 13:50 WIB

SWISS

Badan sepak bola dunia FIFA memutuskan menaikkan jumlah peserta perhelatan sepak bola terbesar Piala Dunia. Dari yang sekarang 32 negara akan menjadi 48 negara pada Piala Dunia 2026.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan FIFA di Zurich, pada 9 dan 10 Januari 2017 lalu. "Memutuskan format baru turnamen dengan 48 negara yang dibagi 16 grup, masing-masing 3 negara," tulis laman resmi FIFA, 11 Januari 2017.

Nantinya, dua peringkat teratas masing-masing grup akan lolos ke babak 32 besar. Dari babak ini hingga final, pertandingan akan dilakukan dengan cara sistem gugur atau knock out.

Menurut FIFA, sistem ini tidak menambah durasi berlangsungnya turnamen sepak bola tertinggi itu. Pasalnya masing-masing tim maksimal memainkan tujuh partai hingga tampil di puncak.

Suasana rapat FIFA memutusakan 48 peserta Piala Dunia. (FIFA)

Jumlah itu, disebut FIFA, sama dengan jumlah pertandingan tim yang melaju ke final Piala Dunia dengan jumlah peserta 32 negara. "Sehingga tidak menambah waktu pemain dilepas oleh klubnya," tulis FIFA.

Keputusan menambah jumlah peserta diambil setelah menganalisa beberapa laporan yang terdiri dari empat format turnamen. Berbagai faktor sudah dipertimbangkan sebelum keputusan itu dibuat.

Antara lain keseimbangan dukungan penyelenggaraan, kualitas kompetisi, efeknya pada pengembangan sepak bola, infrastruktur, pertimbangan keuangan, dan konsekuensi pelaksanaan turnamen.

Presiden FIFA Gianni Infantino. (REUTERS)

Rencananya dalam pertemuan FIFA berikutnya, semua hal detil soal turnamen dengan empat lusin negara itu akan dibahas lebih lanjut. "Termasuk soal alokasi peserta dari masing-masing konfederasi," tulis FIFA.

Wacana meningkatkan jumlah peserta Piala Dunia ini sudah dibahas sejak pertemuan FIFA pada Oktober 2016. Rencananya proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 2020.

Keputusan FIFA meningkatkan peserta mendapat kecaman pecinta sepak bola dunia. Di lini masa twitter FIFA komentar-komentar lucu dan menentang kebijakan itu bertebaran.

Jalan masuk menuju kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss. (REUTERS)

"Piala Dunia dengan 48 tim seperti merayakan ulang tahun ke-18-mu dan mengundang kakek dan nenek. Semua akan senang ketika mereka pulang," tulis akun Sebastian Pansiuk.

"Kalian adalah entitas yang paling korup di dunia," tulis Federico Bordon. Netizen lain Karl Hungus menulis, "Setiap peserta dapat trofi keikutsertaan juga kah?"

FIFA.COM | REUTERS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments