hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

11 Januari 2017, 12:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Donald Trump kembali marah di Twitter. Kali ini giliran perusahaan mobil otomotif Jepang, Toyota, yang kena damprat. 

Trump mengancam akan menaikan bea impor jika Toyota nekat membangun pabrik di wilayah yang disebutnya sebagai Baja, Meksiko.

"Toyota ingin membangun pabrik mobil Corolla di Baja, Meksiko? Mobil itu kemudian akan diekspor ke Amerika Serikat? Tidak! Silakan bangun pabrik di AS, atau Aku akan kenakan biaya impor setinggi langit!" ujar Trump, melalui akun Twitter pribadinya.

Tweet ancaman Trump kepada Toyota. (JALOPNIK)

Pertama, Terdapat kesalahan data pada Cuitan Trump. Toyota sebenarnya sudah lama mendirikan pabrik di Baja, Semenanjung California. Di pabrik ini, Toyota memproduksi mobil pikap dan truk, bukan Corolla.

Pabrik yan dimaksud Trump merakit Corolla adalah pabrik yang sedang dibangun Toyota di Guanajuato, tidak jauh dari Meksiko City. Bahkan, pabrik ini telah berdiri sejak tahun 2015 dan siap berproduksi pada tahun 2019.

Kedua, Presiden Komisaris Toyota, Akio Toyoda menjelaskan, langkah Toyota mendirikan pabrik di luar Amerika tidak akan berpengaruh terhadap perekonomian di AS. Sebab, tidak semua mobil yang diproduksi di Meksiko akan dijual ke Negeri Paman Sam.

Tweet ancaman Trump kepada General Motors. (JALOPNIK)

Kendati menyangkal pernyatan sang Presiden, Toyota mengaku siap untuk berunding. Perusahaan asal Jepang tersebut sedang menjaga tensi hingga Trump selesai dilantik pada tanggal 20 Januari mendatang.

Tweet ancaman serupa pernah Trump tujukkan kepada General Motors dan Ford. Ford balik badan. Bahkan, Pabrik asal kota Michigan tersebut harus merelakan investasi senilai 1,6 miliar yang sudah ditanamkannya di Meksiko. Mereka kemudian mengembalikan investasi ke negara asal Amerika Serikat.

Meski demikian, Mark Fields, CEO Ford mengaku bukan Cuitan Twitter yang membuatnya balik badan.

CNN | JALOPNIK

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments