hero
(Express)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Januari 2017, 08:45 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bagi perempuan muslim, hijab merupakan sebuah simbol keimanan dan ketaatan pada agama. Jilbab secara luas dikatakan sebagai busana kerudung yang menutupi sebagian kepala perempuan. Istilah jilbab sendiri biasanya dikenal pada negara yang berpenduduk muslim.

Ini juga menjadi sebuah nama general untuk semua jenis penutup aurat muslimah. Padahal, jenis jilbab sendiri ada berbagai macam.Nah, kali ini NET.Z akan mengulas mengenai beberapa varian jilbab dan padanannya pada keseharian.

(ABC)

Niqab

Niqab adalah jenis jilbab yang menutupi seluruh wajah wanita terkecuali mata. Biasa jenis niqab ini dipadupadankan dengan Abaya. Untuk menutupi bagian muka, para wanita ini menggunakan kain persegi yang diikat dengan tali di belakang kepala.

Kain ini menutupi sebagian wajah terkecuali bagian mata. Wanita yang kerap menggunakan jilbab jenis ini terdapat di negara Arab Saudi, Asia Selatan, dan Afrika Utara.

Burka

Burka sebenarnya hampir sama dengan niqab. Namun jika niqab tidak menutupi bagian mata, burka sebaliknya. Ia juga menutupi daerah mata, namun pada bagian tersebut terdapat lubang kecil yang digunakan untuk melihat.

Umumnya digunakan kaum wanita di Afghanistan. Di daerah Kabul, burqa kebanyaka berwarna biru. Namun di bagian daerah lain Afghanistan dan Pakistan, biasanya burqa berwarna coklat, hijau, atau putih.

Chador

Janis jilbab ini tidak memiliki hiasan pada modelnya. Chador lebih tampak menyerupai jubah yang menutupi keseluruhan tubuh, umumnya yang menggunakan jilbab jenis ini adalah perempuan Iran.

Hitam adalah warna yang sering dipakai perempuan Iran untuk tampil di depan umum. Tapi, mereka juka kerap memakai chador warna-warni saat berada di rumah atau masjid.

Dupatta

Dupatta ini adalah jilbab yang menggunakan selendang panjang. Kemudian selendang panjang ini dikenakan dengan cara digantungkan pada kepala dan bahu. Umumnya jenis jilbab ini digunakan oleh wanita di Asia Selatan. Dupatta ini juga sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai pakaian.

Hijab

Mungkin kamu sudah tak asing dengan hijab. Ini merupakan jenis jilbab yang paling gampang kamu temui. Istilah hijab ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang untuk menyebut penutup kepala. Beda dengan burqa dan Niqab yang selalu sama modelnya, hijab ini kerap bervariasi dan mengikuti tren fashion yang berkembang.

ABCNEWS | EXPRESS | BBC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments