hero
(The Telegraph)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Januari 2017, 17:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Tren olahraga fitnes selalu menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh belakangan ini. Jenis latihan fitnes yang menjadi favorit selama beberapa tahun adalah barre dan tinju.

Barre merupakan olahraga yang memadukan gerakan balet, pilates dan yoga. Sedangkan tinju jenis olahraga yang memadukan latihan kardio, kekuatan dan tubuh bagian atas.

Sedangkan tinju melatih seluruh bagian tubuh, mengurangi stres dan memberi energi untuk beraktivitas. Karena tren kedua olahraga ini meningkat, beberapa tempat fitnes kemudian menggabungkan dalam satu sesi. Tahun 2017 ini, ada beberapa tren baru akan kamu lihat dari gerakan fitnes

(The Telegraph)

Fitnes fungsional

Fitnes fungsional merupakan latihan yang berkembang di beberapa pusat latihan kebugaran. Gerakan olahraga ini menggunakan latihan kekuatan untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan daya tahan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sepeda Assault, salah satu alat yang bisa meningkatkan latihan kamu. Alat ini akan membuat dorongan, kayuhan anda serta gerakan lain yang berhubungan dengan pedal akan memberikan beban efektif bagi latihanmu. 

Sehat tidak berarti kurus

Angkat beban adalah salah satu olahraga yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan. Banyak yang beranggapan bahwa dengan angkat beban, tubuh bugar akan didapat karena angkat beban disebut paling efektif untuk membakar lemak.

(The Telegraph)

Latihan berbasis air dengan menyelam

Berenang merupakan salah satu olahraga yang telah lama digemari untuk melatih semua otot tubuh. Meski renang merupakan olahraga low impact, jika dilakukan secara rutin akan menjaga fleksibilitas tubuh, membakar kalori dan menjaga paru-paru agar tetap sehat. Tahun ini, banyak klub kebugaran yang memanfaatkan kolam renang untuk menawarkan latihan low impact.

Fitnes 360

Fitnes 360 adalah sistem baru yang meliputi latihan kekuatan dan penurunan berat badan. Tren latihan fitnes 360 akan berkembang tahun ini. Tren ini akan memberi pemahaman fungsi tubuh secara optimal serta memperhatikan kondisi tubuh sebelum dan sesudah latihan. Di London, beberapa tempat fitnes bahkan menawarkan rumah perawatan, termasuk pijat. Ini akan menjadi aturan di seluruh gym tahun ini.

(The Telegraph)

Melatih kesadaran mental

Olahraga yang meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki kebugaran fisik adalah dengan Yoga. Dengan teknik meditasi yang telah dikembangkan ribuan tahun di India, kombinasi sehat secara mental dan melatih fisik dapat diperoleh. Secara fisik, Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan dan daya tahan tubuh. Sedangkan dari sisi psikologis yoga dapat mndorong orang menumbuhkan kesadaran tentang cara mengendalikan emosi. Tahun lalu Yoga menjadi tren latihan kebugaran. Namun latihan yang dilakukan dinilai belum optimal.

Latihan dengan menari

Sebuah penelitian mengatakan, menari selain berkontribusi untuk kesehatan mental dan rasa percaya diri, juga bisa mengatasi rasa kurang semangat, stres, kelelahan dan sakit kepala. Selain itu, menari disebut membawa ketenangan dan kapasitas energi yang lebih besar. Dengan efek yang didapat tersebut tidak salah jika menari dengan gaya atletis hadir di kelas-kelas senam. Itu akan menjadi tren latihan kebugaran tahun ini.

THE TELEGRAPH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...