hero

EDITOR : PUTU DYAH

10 Januari 2017, 08:15 WIB

INDONESIA

Dalam komposisi makanan, susu jadi pelengkap empat sehat lima sempurna. Tapi ternyata susu tidak selalu berfungsi baik jika dikonsumsi dengan makanan tertentu. Sebagian kombinasi tersebut justru sering ditemukan dan enggak sedikit dari kita yang memakannya.

Nah, supaya manfaat susu tetap bisa kita dapatkan, hindari kombinasinya bersama makanan berikut:

1. Teh dan susu.

Teh dan susu tidak disarankan untuk diminum secara bersamaan, baik susu hewani atau nabati seperti susu kedelai.

Teh yang kaya antioksidan mencegah peradangan pada tubuh. Sementara kandungan protein susu akan mengikat antioksidan teh sehingga menghambat penyerapannya. Selain itu, penyerapan kalsium susu juga dapat terganggu oleh kafein di dalam teh.

2. Susu dan Buah-buahan

Potongan buah ditambah serutan es dan siraman susu kental manis pastinya segar kita nikmati di siang hari. Tapi kombinasi ini tidak pas untuk kesehatan kita. Buah-buahan banyak mengandung asam dan tidak baik jika dicampur susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein, sehingga sulit dicerna tubuh.

3. Susu dan cokelat

Susu mengandung protein dan kalsium, sedangkan cokelat mengandung asam oksalat. Kandungan dari kedua bahan makanan ini enggak cocok kalau disatukan karena dapat menghasilkan kalsium oksalat. Senyawa ini bisa menyebabkan diare dan tidak mudah larut dalam tubuh.

4. Sereal+susu dan jus jeruk

Asam dalam jus jeruk dapat menghancurkan enzim yang mencerna karbohidrat dalam sereal dan susu. Akibatnya penyerapan senyawa tersebut jadi terhambat. Untuk itu disarankan mengkonsumsi jus jeruk 30 menit sebelum makan sereal.

Selain kombinasi tadi, produk olahan susu seperti keju juga tidak bagus jika dikonsumsi dengan kacang. Penyebabnya karena dapat menghasilkan gas yang membuat perut kembung dan tidak nyaman. Jadi, sebaiknya hindari campuran susu dengan makanan tadi agar tubuh kita tetap sehat ya guys!

WONDERFOOD

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments