hero
Presiden Joko Widodo tertawa saat berbincang dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja, Kamis, 5 Januari 2017. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Januari 2017, 12:30 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi buka suara terkait tingginya harga cabai rawit merah di pasaran. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggap kenaikan harga cabai lantaran faktor cuaca.

"Yang namanya harga tergantung suplly dan demand. Kadang musiman dan kedua karena 2016 jelek cabai," kata Jokowi, saat mengunjungi Pasar Kajen, Pekalongan, Senin, 9 Januari 2017 . "Sehingga supply kurang. Fluktuatif  harga itu biasa."

Pedagang membersihkan cabai rawit di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta. (ANTARA)

 

Selagi tingginya harga cabai rawit merah, Jokowi menyarankan kepada masyarakat untuk mengganti lombok dengan jenis lain. "Kita ini lah, beli cabai rawit hijau pedas sama saja," ujar dia.

Namun demikian, Jokowi mengatakan pemerintah tidak tinggal diam atas kenaikan harga tanaman perdu itu. Dia menginstruksikan kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk membagikan sejumlah bibit cabai demi menjaga stabilitas harga di tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, Jokowi juga menggalakan gerakan menanam 50 juta pohon cabai di lapangan tembak divisi infrantri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. 

Buruh memetik cabai rawit merah di lapak pedagang agen Cabai, Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA)

 

Harga cabai terus meroket di pasaran sejak pertengahan Desember lalu. Hingga kini, harga cabai rawit merah rata-rata mencapai Rp 100-120 ribu per kilogram di sejumlah daerah di Indonesia.

Kenaikan itu disebabkan oleh kurangnya pasokan cabai ke pedagang di sejumlah daerah. Selain itu, cuaca buruk karena hujan yang terus menerus terjadi menyebabkan buah pedas itu menjadi busuk.

INDRA RAHARJA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments