hero
Pelatih Leicester City Claudio Ranieri. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

10 Januari 2017, 16:45 WIB

EROPA

Badan sepak bola dunia FIFA memilih Claudio Ranieri menjadi pelatih terbaik dunia 2016. Pelatih Leicester City itu mengalahkan Zinedine Zidane dan Fernando Santos.

"Saya merasa terhormat dengan gelar ini. Ini adalah penghargaan bagi semua pemain dan fans Leicester City," kata Ranieri usai menerima penghargaan, Zurich, Senin, 9 Januari 2017 malam.

Kesuksesan Ranieri membawa Leicester menjadi kampiun Liga Inggris menjadi faktor utama yang membuat pelatih asal Italia ini menang. Itu merupakan gelar pertama Leicester dalam 132 tahun sejarah mereka.

Prestasi itu menenggelamkan dua pesaingnya yang juga punya gelar juara. Fernando Santos sukses membawa tim nasional Portugal menjadi juara Eropa pertama kali dengan mengalahkan tuan rumah Prancis di final Piala Eropa 2016.

Ranieri saat menerima penghargaan di Zurich, Swiss. (SKYSPORTS)

Kandidat lain yang gigit jari adalah pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. Bekas pemain Real Madrid itu sukses membawa klub ibu kota Spanyol itu menjuarai Liga Champions 2016 untuk yang ke-11 kalinya.

Penghargaan diserahkan mantan kapten tim nasional Argentina Diego Maradona. "Saya gila sekarang. Sangat gila. Ini adalah malam yang fantastis bersama para legenda. Memenangkannya menjadi tambah spesial," ujarnya.

"Memperoleh apa yang kami dapatkan pada musim lalu adalah hal yang menakjubkan," kata Ranieri. "Hal itu masih membuat saya sangat emosional," ujar pria kelahiran Roma, 20 Oktober 1951 itu.

Ranieri bersama tim saat menjuarai Liga Inggris. (SKYSPORTS)

Ranieri pernah melatih sejumlah klub beken. Antara lain Napoli, Chelsea, Juventus, Parma, Roma, Inter Milan, Atletico Madrid, Valencia, Monaco, dan tim nasional Yunani.

ESPN | SKYSPORTS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments