hero
Pidato terakhir Michelle Obama di Gedung Putih, Jumat, 6 Januari 2017 waktu setempat. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

8 Januari 2017, 00:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Air mata Michelle Obama tak dapat dibendung dalam pidato terakhirnya di Gedung Putih pada Jumat, 6 Januari 2017 waktu setempat. Dia terharu dan tidak menyangka waktu begitu cepat suaminya mendekati masa akhir kepemimpinannya.

"Menjadi ibu negara bagi kalian adalah kehormatan terbesar dalam hidup saya," kata Michelle kepada sejumlah masyarakat yang hadir di East Room White House, seperti dilansir Reuters, Sabtu, 7 Januari 2017.

Kurang lebih dua pekan lagi Michelle dan suaminya, Presiden Barack Obama, akan meninggalkan rumah kepresidenan. Tepat pada tanggal 20 Januari 2017, Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump dilantik dan menempati Gedung Putih.

"Saya harap telah membuat kalian bangga," kata Michelle. Perempuan berusia 52 tahun itu juga menyampaikan bahwa masa depan Amerika tetap cemerlang.

Michelle Obama yang tak kuasa menahan air mata saat pidato terakhirnya di Gedung Putih. (CNN)

 

Amerika, kata dia, juga tetap akan demokratis. Pernyataan alumnus Harvard Law School itu secara tidak langsung menyinggung Donald Trump terkait kebijakannya yang kontroversial.

Pada pidato terakhirnya itu Michelle lebih banyak memberikan wejangan jika nanti Negeri Paman Sam dipimpin Trump. Namun secara hati-hati dia menyampaikan hal itu di depan khalayak.

"Jadi jangan takut. Anda dengar saya para pemuda? Jangan takut. Fokuslah. Bertekadlah. Miliki Harapan," ujar dia. "Keragaman kita mulia, mulai dari kebebasan memeluk agama dan kepercayaan bukan menjadi ancaman tapi membuat warna identitas kita."

Michelle berjanji meski sudah tidak menjabat sebagai ibu negara, dia tetap akan melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah memperjuangkan tegaknya demokrasi di Amerika.

REUTERS | CNN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet"
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments