hero
Sejumlah Pimpinan Eksekutif PSSI berdiskusi saat memandu jalannya kongres tahunan PSSI di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu, 8 Januari 2017. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

8 Januari 2017, 15:45 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Kongres Tahunan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Bandung, Minggu, 8 Januari 2017. Kongres ini merupakan yang pertama di bawah kepemimpinan Edy Rahmayadi sebagai Ketua Umum PSSI.

"Kami siap bekerja sama dengan PSSI," ujar Imam nahrawi dalam kata sambutan yang disambut tepuk tangan peserta kongres.

PSSI gelar kongres tahunan di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 8 Januari 2017. (NET) 

Hal tersebut menjadi istimewa, pasalnya Kemenpora dan PSSI sejak dua tahun terakhir terlihat tidak akrab. Namun, setelah terpilihnya Edy Rachmayadi sebagai ketua umum, hubungan keduanya terlihat mencair.

"Pemerintah ingin sepakbola profesional dan itu ditunjukkan PSSI," ujarnya.

Menyambut ucapan koleganya, Edy menyatakan kongres ini akan jadi momentum kebangkitan sepakbola Indonesia sekaligus upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat sepakbola Indonesia usai terkena sanksi FIFA.

Sejumlah mantan kapten Timnas diundang PSSI dalam kongres di Bandung. (ANTARA) 

"Pengurus PSSI terpilih harus menyelesaikan pekerjaan rumah yang banyak. Baru satu kali ini menpora berkenan hadir. Insya Allah pertanda baik," ujarnya.

Dalam kongres ini, pengurus baru PSSI yang terbentuk pada 10 November 2016 mengambil beberapa keputusan. Sejauh ini ada beberapa keputusan yang diambil di antaranya memulihkan status 7 klub yang bermasalah yakni Persebaya Surabaya, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, Lampung FC, Persewangi Banyuwangi, dan Persipasi bekasi.

Persebaya selanjutnya akan berkompetisi di Divisi Utama, sementara klub lain di Liga Nusantara atau kompetisi semi-amatir di bawah Divisi Utama.

Polisi periksa suporter Persebaya yang tiba di Stasiun Bandung. (ANTARA)

Meski akan bermain di kompetisi kasta kedua, ribuan bonek atau bondo nekat, julukan bagi suporter garis keras Persebaya, yang menanti sejak malam langsung melakukan sujud syukur di GOR Padjajaran, Bandung. Euforia ini terasa hingga memacetkan arus lalu lintas di sekitar lokasi.

"Menerima apa yang diputuskan PSSI, semoga sepakbola nasional akan bangkit dan Persebaya akan bisa bermain di kompetisi tersebut," ujar Andi Peci, perwakilan Bonek ketika diwawancarai.

PSSI menjadwalkan, putaran kompetisi Indonesia Super League akan digelar selambatnya 26 Maret 2017 dengan diikuti 18 tim.

Ribuan Bonek gelar konvoi usai status Persebaya dipulihkan PSSI. (NET/Iqwan)

Dalam kompetisi itu, beberapa tim melakukan pergantian nama antara lain Persebaya 1927 menjadi Bhayangkara United, Persiram Raja Ampat menjadi PS TNI, Persisam Samarinda menjadi Bali United, Pelita Bandung Raya menjadi Madura United hingga Arema Cronus menjadi Arema FC.

Saat ini, PSSI dengan tim ISL melakukan pertemuan khusus guna menentukan regulasi yang bakal digunakan pada musim kompetisi tahun ini. Apalagi sesuai dengan rencana ada beberapa perubahan dibandingkan kompetisi-kompetisi sebelumnya.

BACA JUGA:
Bonek Serbu Kongres PSSI di Bandung
Tidak Ada Dana, Pelatnas Tinju Bubar
Rahasia di Balik Transaksi Thohir dan Suning
Jari-jari Interpol di Piala Eropa

Tidak hanya itu, PSSI juga mengumumkan dua nama untuk menangani Timnas yaitu Luis Fernandez dan Luis Mila, keduanya kini menunggu tempat untuk melatih Timnas senior atau U-23.

Kemudian, Indra Sjafri dan Wolfgank Pikal menjadi kandidat untuk membesut bibit muda pesepakbola muda Indonesia U-19. Sementara itu, nama Fachri Husaini dan Rudi Eka Priambada masuk dalam kandidat daftar pelatih U-15.

DEASY JULIANI | MUHAMMAD ROHMAN | IQWAN SABBA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments