hero
Bupati Katingan Ahmad Yantenglie tertunduk malu usai diperiksa Polda Kalimantan Tengah. (NET/Topan)

EDITOR : REZA ADITYA

6 Januari 2017, 14:30 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menetapkan Bupati Katingan Ahmad Yantenglie dan teman perempuannya Farida Yeni tersangka kasus perzinahan. Polisi meyakini keduanya telah melakukan hubungan intim secara diam-diam sejak sebulan terakhir.

"Perkembangan penanganan kasus sudah ditingkatkan ke penyidikan status sebagai tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Tengah Komisaris Besar Gusde Warhdana, Jumat, 6 Januari 2017.

Farida merupakan istri dari seorang anggota polisi di Kalimantan Tengah, Ajun Inspektur Dua Sulis Heri. Kasus ini terkuak pada Kamis kemarin sekitar pukul 02.00 WIT.

 

Saat itu, Sulis baru pulang dari tugas dan mendapati rumahnya yang kosong. Dia berencana meminta kunci rumah dari Farida di Rumah Sakit Mas Amsyar, Katingan, Kalimantan Tengah. Farida ini bekerja sebagai PNS di rumah sakit itu.

Di rumah sakit, Sulis justru tidak menemukan Farida yang seharusnya sedang bekerja. Dia kemudian mencari keberadaan istrinya. Pencarian sampai di sebuah rumah di Jalan Nangka, Kasongan.

Di situ, dia menemukan istrinya bersama Bupati Katingan Ahmad Yantenglie sedang tertidur di dalam kamar tanpa sehelai busana. Sulis kaget dan melaporkan kejadian ini ke Polda Kalimantan Tengah.

Yantenglie dan Farida kemudian digelandang ke kantor polisi. Keduanya diperiksa seharian penuh. Kini, keduanya menyandang status tersangka lantaran dijerat Pasal 284 KUHP.

Gusde mengatakan meski keduanya tidak ditahan meski sudah ditetapkan tersangka. Musababnya, ancaman hukuman yang dikenakan kepada dua orang bukan mahram itu paling lama hanya sembilan bulan penjara. 

"Tapi keduanya tetap harus wajib lapor," ujar dia. Dalam pemeriksaan semalam, kata Gusde, Yantenglie mengklaim telah menikah dengan Farida. Namun polisi tidak menemukan buku nikah atau bukti penguat terkait klaim pernikahan itu.

TOPAN SETIAWAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments