hero
Budiman Sudjatmiko dan Rachland Nashidik.

EDITOR : REZA ADITYA

6 Januari 2017, 21:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tiga relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang aktif di media sosial Twitter, akan saling adu sanggah dalam sebuah forum debat nyata. Mereka adalah adalah Budiman Sudjatmiko, Rachland Nashidik dan Indra Jaya Piliang.

Rachland tim sukses Agus Harimurti-Sylviana Murni, Budiman diketahui merupakan relawan pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, sedangkan Indra sukarelawan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Usulan debat ini berawal dari salah satu cuitan Budiman Sudjatmiko melalui akun Twitter miliknya terkait tudingan kedekatan salah satupasangan calon terhadap radikalisme. Budi memang tidak menjelaskan secara rinci siapa pasangan calon yang dimaksud.

Jadwal debat dari Twitwars. (TWITTER)

 

Politikus PDI Perjuangan itu juga tidak menyebut (mention) kepada siapapun. Namun, cuitan itu ditanggapi serius oleh Rachland. Akhirnya, cuitan berbuntut panjang.

Tampaknya 140 karakter dalam satu postingan di Twitter tidak menyelesaikan masalah adu argumen dua politikus itu. "Tudingan atau fitnah yang berkembang sangat galak dan massive di media sosial," kata Rachland.

Untuk menghindari sebaran hoax dan fitnah itu, Rachland mengklaim dia menantang Budiman untuk debat langsung dalam dunia nyata. Dia ingin semua tudingan Budiman yang dianggap ditujukan untuk pasangan calon kubunya itu dibuktikan dalam debat terbuka.

"Seorang intelektual pasti harus bisa membuktikan tudingannya," ujar politikus Demokrat itu. "Saya kira ini adalah salah satu cara untuk memberikan semacam akuntabilitas demokrasi terhadap apa yang beredar di media sosial."

Inilah awal dari adanya debat Twitwar. (TWITTER)

 

Budiman saat dikonfirmasi justru mengklaim usulan debat itu datang dari dirinya. Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat itu ingin membuktikan bahwa semua cuitannya didasarkan dengan bukti yang ada.

"Membuat perdebatan-perdebatan yang panas dan cenderung tidak berdasar di Twitter dibawa ke level debat terbuka," ujar dia."Kita ingin ada klarifikasi soal ini karena kalau sekedar twit percuma cuma 140 karakter tidak ada penjelasan apapun tentang isu ini."

Budiman juga mengajak Indra Jaya Piliang untuk melengkapi debat itu.  Indra menyanggupinya. Saat ditanya terkait persiapan debat itu, politikus Golkar itu hanya menjawab, "Saya lagi demam."

Sedianya debat yang diberi judul Twitwars itu akan berlangsung di bilangan Jakarta Selatan pada Sabtu, 7 Januari 2017. Acara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Bagi yang ingin menyaksikannya dipatok harga Rp 100 ribu sekali masuk.

ENDA TARIGAN | PRITTA KUSUMA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments