hero
(Bright Side)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Januari 2017, 05:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Anjing termasuk dalam golongan binatang buas. Meski ada beberapa jenis anjing yang menjadi binatang peliharaan, anjing tetap berbahaya. Anjing bisa dengan tiba-tiba menggigit tanpa bisa kita prediksi sebelumnya. Bright Side mengumpulkan rekomendasi dari para ahli dan cynologists tentang cara menjaga diri yang aman serta mencegah gigitan anjing.

Jangan Panik

Rekomendasi pertama dari Bright Side adalah jangan panik saat bertemu anjing. Hal itu dikarenakan anjing atau hewan lain sebenarnya bisa merasakan ketakutan manusia.

Tindakan awal saat kamu bertemu anjing yang menggeram dan menggonggong adalah bersikap tenang dan santai. Ambil nafas panjang dan keluarkan. Bersikaplah seolah-olah anjing tersebut tidak akan menerkam kamu.

Jika kamu berteriak atau lari, gelombang pada tangan kamu justru akan memicu insting anjing. Hewan ini kemudian akan merasa terprovokasi untuk menyerang kamu.

Memperlambat Lari dan Berjalan Santai

Jika saat kamu sedang berolahraga jogging dan tiba-tiba bertemu anjing, sebaiknya memperlambat lari dan kemudian jalan pelan. Langkah selanjutnya adalah berbalik dan berjalan lawan arah dengan anjing. Sambil berjalan, tetap awasi anjing dengan sudut mata kamu.

Satu lagi, posisi lengan saat berjalan sebaiknya tetap terentang lurus di samping sisi kanan dan kiri. Dengan demikian, anjing tidak berselera untuk mengejar kamu dan membiarkan kamu pergi.

Jangan Melakukan Kontak dengan Anjing

Melakukan kontak mata langsung dengan anjing ternyata dapat mengintensifkan perilaku agresif anjing. Sebab menatap mata anjing ternyata diartikan sebagai ancaman oleh anjing dan menyebabkan perilaku agresif denngan menyerang kamu.

Jika bertemu anjing, sebaiknya tetap amati dengan sudut mata namun hindari menatap matanya. Dengan tidak menatap mata anjing, anjing akan menganggap kamu bukan ancaman dan kemudian pergi

Kontak mata langsung dapat mengintensifkan perilaku agresif anjing. Menatap anjing di mata dapat diartikan sebagai ancaman oleh anjing dan menjadi alasan untuk menyerang. Menjaga anjing di depan mata, tapi menghindari kontak mata langsung dengan dia.

(The Sun)

Mengalihkan Perhatian Anjing

Jika kamu ternyata terlanjur bertemu dengan anjing dan secara tidak sengaja menatap matanya, cobalah tetap bersikap tenang. Tetap tidak panik ketika anjing mulai agresif. Cobalah mengalihkan perhatian anjing untuk sementara dengan objek di tangan yang bisa membantu.

Beri anjing dengan sesuatu yang bisa dikunyah, misalnya botol air mineral yang kamu pegang, sepatu kamu atau tas ransel yang sedang kamu cangklong di punggung. Saat anjing mulai beralih perhatian, saatnya kamu menyelamatkan diri dengan berlari.

Perintahkah Anjing untuk Pergi

Anjing ternyata binatang yang bisa diperintah. Makanya ada beberapa jenis anjing yang dipelihara untuk diperintah melakukan sesuatu. Misalnya mencari jejak pelaku kejahatan.

Nah, saat kamu terjebak dengan situasi bahaya dengan sikap anjing yang siap menyerang, kamu bisa mencoba cara dengan menginstruksikan. Cobalah dengan nada sedikit tinggi dan tegas memerintahkan anjing untuk "Pergi" atau katakan "No". Anjing akan takut dan pergi meninggalkan kamu.

BRIGHT SIDE

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments