hero
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan terkait ulah tentara Australia. (NET/Yusuf Reza)

EDITOR : REZA ADITYA

5 Januari 2017, 12:55 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan juga Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu untuk menyelesaikan masalah dugaan penghinaan ideologi negara Pancasila yang dilakukan tentara Australia.

Dia tak ingin permasalahan ini berlarut-larut dan menimbulkan konflik kedua negara. "Saya kira hubungan kita dengan Australia masih dalam kondisi baik, hanya mungkin di tingkat operasional yang perlu disampaikan agar situasi tidak panas," kata Jokowi, Kamis, 5 Januari 2017.

Jokowi mengaku atas insiden itu, semua bentuk kerja sama militer Indonesia dan Australia dihentikan untuk sementara.  Belum diketahui sampai kapan hubungan militer kedua negara itu akan kembali melakukan kolaborasi.

Presiden Joko Widodo saat menjamu Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Istana Kepresidenan, Kamis, 12 November 2015. (REUTERS)

 

"Karena ini masalah prinsip," ujar Jokowi. "Masalah ini biar diselesaikan dulu."

Dia juga meminta Australia tidak ikut campur dengan urusan dalam negeri Indonesia. "Kita kan sudah sepakat untuk saling menghargai dan tidak campur tangan urusan dalam negeri masing masing saya kira kita sepakat itu."

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menghentikan sementara kerja sama militer dengan Negeri Kanguru setelah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih bersama pasukan komando Australia di salah satu tempat pelatihan militer di Perth. 

Ilustrasi hubungan antara Australia dan Indonesia. (NET.Z/Wisnu)

 

Pada saat itu, seorang instruktur Kopassus merasa ada materi dalam pelatihan mliter tersebut yang menghina Indonesia. Materi itu dianggap merendahkan Pancasila.

Selain itu, materi pelatihan itu juga menyinggung insiden pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan tentara Indonesia di Timor Leste dan Papua. Sontak materi itu membuat militer Indonesia geram dan menegur Australia Defence Force.

YUSUF REZA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments