hero
Bibir dengan lipstick merah. (FAN POP)

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

4 Januari 2017, 09:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Berciuman merupakan hal romantis yang diidamkan para pasangan. Selain menunjukkan rasa cinta dan menguatkan ikatan, faktanya ciuman juga baik untuk kesehatan.

 

Dengan berciuman, sistem imun kamu bakal meningkat, jadi gak gampang sakit. So, ketika kamu merasa sakit kepala atau merasa tidak enak badan, ciumlah pasanganmu dengan mesra untuk mengungkapkan rasa terimakasih.

 

Simak lima efek ciuman yang baik untuk kesehatan selengkapnya. Check it out! 

 

 

1.  Berciuman Meningkatkan Sistem Imunitas

 

Pengantin pria mencium kening pengantin wanita. (PIXABAY)

 

Ingin membuatnya hangat di musim hujan yang dingin? Cobalah berciuman dengan pasangan. Meski terdengar tidak higienis, tapi bertukar ludah dengan mencium pasangan perlu dilakukan untuk menangkis virus.

 

Penelitian dari jurnal Medical Hipotesis menunjukkan bahwa perempuan yang berciuman membangun kekebalan imun terhadap cytomegalovirus (CMV) yang berbahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.

 

 

2.  Mengurangi Risiko Terkena Alergi

 

Pasangan pengantin berciuman. (PIXABAY)

 

Menurut sebuah penelitian di Jepang, berciuman paling sedikit selama tiga puluh menit menurunkan kadar alergen yang disebut IgE. Ini adalah protein yang mengakibatkan iritasi reaksi alergi seperti bersin dan terisak.

 

3.  Membakar Kalori

 

Pasangan berciuman sambil berjinjit. (PIXABAY)

 

Batalkan rencana untuk gym besok! Dengan berciuman akan menyebabkan debaran jantung yang tak karuan hingga dapat membakar delapan sampai enam belas kalori.

 

4.  Mengurangi Tingkat Stress

 

Pasangan bersentuhan dan tersenyum. (PIXABAY)

 

Pekerjaan di kantor membuatmu stres? Temui pasanganmu dan cium!

 

Penelitian mengatakan, berciuman menurunkan tingkat stress dan membantu kamu merasa lebih rileks. Alasannya adalah ciuman meningkatkan kadar oksitosin dan endorpin dalam tubuh sehingga kamu merasa lebih nyaman.

 

5.  Meringankan Rasa Sakit

 

Pasangan berciuman saat salju turun. (PIXABAY)

 

Jika kamu merasa sakit kepala, tidak ada salahnya untuk berciuman dengan pasanganmu. Kegiatan fisik ini dapat meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh yang berfungsi untuk menangkal rasa sakit ringan hingga sedang dalam tubuh.

 

Atau, ketika kamu merasa sakit kepala atau bahkan nyeri haid, coba deh mencium pasanganmu daripada membeli obat pereda nyeri di apotek!

 

 

 

BRIGHT SIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments