hero

EDITOR : OCTOBRYAN

4 Januari 2017, 18:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepolisian masih terus menyelidiki musibah terbakarnya KM Zahro Express, Minggu, 1 Januari 2017. Hingga kini, polisi masih mencari pemilik kapal motor bernama Yudi Mutiara Prima untuk dimintai keterangannya.

"Kami bekerja sama dengan Direktorat Kriminal Umum untuk mencari keberadaan pemilik kapal," ujar Direktur Kepolisian Air Polda Metro Jaya Komisaris Besar Hero Henrianto Bachtiar, Rabu, 4 Januari 2016.

KM Zahro terbakar satu mil lepas Pelabuhan kali Adem. (Istimewa)

Hero menjelaskan, keterangan pemilik kapal dibutuhkan pihaknya untuk mengetahui penyebab berlebihnya manifest penumpang kapal yang berangkat dari Pelabuhan Kali Adem menuju Pulau Tidung.

"Kami akan mintai keterangan soal manifest penumpang kapal saat kejadian, manifest 100 orang tapi jumlah penumpang mencapai 191, " tambahnya. "Statusnya masih sebagai saksi."

Penumpang KM Zahro dievakuasi. (NET)

Sementara ini, polisi  sudah memeriksa 11 saksi lain dan menetapkan Muhammad Nali Nakhoda KM Zahro sebagai tersangka akibat kelalalaian dalam berlayar yang menyebabkan orang lain meninggal. 

Tidak hanya itu, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Tonny Budiono mencopot Syahbandar atau kepala pelabuhan Muara Angke Deddy Junaedi dari jabatannya karena memberikan surat perintah berlayar KM Zahro Express kendati jumlah penumpang tidak sesuai dengan manifest.

KM Zahro dievakuasi ke Pelabuhan Kali Adem. (NET) 

"Perbedaan manifest penumpang ini motifnya masih kita terus dalami, yang pasti penyidik sudah ada bahan untuk itu," tutupnya.

Kapal penumpang KM Zahro Express terbakar saat mengangkut sekitar 191 penumpang menuju Pulau Tidung, Minggu, 1 Januari 2016. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sebanyak 23 orang meninggal dunia dan 17 orang lainnya masih hilang pada insiden terbakarnya kapal KM Zahro Express.

Saat ini, Kapal KM Zahro Express sudah dievakuasi ke Dermaga Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Kapal tersebut terbakar karena hubungan arus pendek arus listrik.

VILA MARESCOTI | HANIF ABDUH

BACA JUGA:
Jenazah Diduga Penumpang Kapal Zahro Ditemukan Terapung
Nahkoda Kapal Zahro Tersangka
Keluarga Korban Kapal Zahro Ajukan Tuntutan
Ini Penyebab Tewasnya Puluhan Penumpang Kapal Zahro

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments