hero
Bekas pilot Citilink Tekad Purna menutupi wajahnya saat diperiksa BNN. (NET/Nova)

EDITOR : REZA ADITYA

4 Januari 2017, 17:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Badan Narkotika Nasional (BNN) memeriksa bekas pilot Citilink Tekad Purna. Deputi Bidang Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Arman Depari mengatakan pemeriksaan pilot berusia 32 tahun itu untuk menelusuri rekam jejak pemakaian narkotik.

"Tes yang lebih mendalam dan detil lagi, urine, darah dan rambut," kata Arman di kantornya, Rabu, 4 Januari 2017. "Nanti dari tes itu dapat kami simpulkan hasilnya apa dan tindakan selanjutnya."

 

Tekad datang sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan mengenakan kemeja putih dibalut jaket hitam, dia berusaha menghindari sorotan kamera para pewarta dengan menutupi wajahnya.

Arman mengatakan lembaganya juga akan memeriksa sikap dan tingkah laku pilot yang telah mengantongi lebih dari 5.000 jam terbang itu. "Baik fisik dan kejiwaanya," kata mantan Kapolda Kepulauan Riau itu.

Ilustrasi pilot mabuk. (NET.Z/Heriyanto)

 

Selama hampir  empat jam lulusan Australian National Airline College itu diperiksa oleh BNN. Sekitar pukul 14.00 WIB dia keluar dari gedung dengan mengenakan masker biru.

Dia emoh berbicara kepada awak media terkait kasus dugaan mabuknya. Tekad malah mengumpat sembari menunggu taksi di depan gedung BNN.

Pilot Citilink itu diduga mabuk atau teler ketika menerbangkan pesawat dari Bandara Juanda Surabaya ke Jakarta pada Rabu, 28 Desember 2016 lalu. Hal itu terungkap dari gaya bicaranya ketika menyuarakan pengumuman sebelum terbang.

Rekaman pengumuman itu disebar oleh salah satu penumpang dan menjadi viral di media sosial. Manajemen Citilink merespons dengan melakukan tes urine pada Tekad. Hasil tes urine pilot muda itu negatif dan tidak terbukti menggunakan narkotik.

Namun perusahan plat merah itu tidak mau mengambil risiko dengan mempertahankannya sebagai juru terbang. Walhasil, pria kelahiran tahun 1984 itu digrounded alias dipecat.

NOVA YULHENDRI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments