hero
Ahok pada sidang perdananya, Selasa, 13 Desember 2016. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

3 Januari 2017, 20:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sidang dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sampai saat ini masih berlangsung di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Agenda sidang adalah mendengarkan keterangan para saksi dari jaksa penuntut umum.

Sebelumnya, jaksa  akan menghadirkan enam saksi dalam sidang kali ini. Keenam orang itu adalah Novel Chaidir Hasan, Joy Setiawan, Muhammad Burhanuddin,  Muchsin, Syamsu Hilal, dan Nandi Naksabandi.

Namun informasi terakhir dari panitera pengadilan, hanya empat saksi yang hadir. Nandi Naksabandi sudah meninggal pada 7 Desember 2016 kemarin. Sedangkan saksi Burhanuddin berhalangan hadir lantaran sakit.

Suasana di luar ruangan sidang Ahok. (NET/Enda)

 

Sidang dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Saksi pertama yang diperiksa adalah Novel Chaidir.  Dia diperiksa karena sebagai orang yang pertama kali melaporkan Ahok ke Badan Reserse Kriminal Polri.

Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI) itu  mengaku dicecar sejumlah pertanyaan oleh majelis hakim, pengacara dan jaksa penuntut umum. Dia bahkan menyerahkan surat permohonan penahanan Ahok kepada majelis. 

Kesaksian Novel berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah Novel, giliran Muchsin dimintai keterangan.  Ketua Umum DPP FPI itu juga ditanyakan oleh jaksa, pengacara dan hakim sekitar pernyataan Ahok yang menyitir surat Al-Maidah ayat 51. 

Suasana di luar ruang sidang Ahok. (NET/Enda)

 

Muchin selesai dimintai keterangan sekitar pukul 15.00 WIB. Kemudian sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi ketiga, yaitu Joy Setiawan. Joy adalah orang yang juga melaporkan Ahok ke Bareskrim atas dugaan penodaan agama.

Pemeriksaan Joy masih berlangsung hari ini. Sidang sempat ditunda dengan alasan istirahat salat magrib. Belum ada keterangan dari jaksa penuntut umum dan kuasa hukum Ahok terkait jalannya sidang hari ini.

Yang pasti, setelah Joy dimintai keterangan, sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi keempat, yaitu Syamsu Hilal. Syamsu adalah ketua Forum Antipenistaan Agama.

Para pewarta yang masih menantikan sidang Ahok. (NET/Enda)

 

Adapun sejumlah massa pendukung dan penentang Ahok sudah dibubarkat aparat kepolisian. Musababnya, waktu mereka hanya dibatasi sampai pukul 18.00 WIB. Meski demikian, sejumlah aparat tetap disiagakan sampai sidang hari ini selesai.

NURNI SARAFINA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments