hero
Ahok di sidang sebagai terdakwa penoda agama. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

3 Januari 2017, 21:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Seusai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tampak jengkel. Ia memprotes saksi pelapor adalah anggota tim sukses pasangan calon gubernur pesaingnya.

"Ada saksi yang akhirnya mengakui dia adalah pendukung pasangan calon nomor 1. Itu Gusjoy," kata Ahok seusai sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa, 3 Januari 2017.

Yang dimaksud Ahok adalah Gusjoy Setiawan, salah satu saksi yang dihadirkan jaksa di sidang. Dari enam saksi yang direncanakan, hanya empat yang memberikan kesaksian. "Ada satu yang meninggal dunia," ujarnya.

Suasana di luar sidang Ahok. (NET/Marcel)

Ahok menyangsikan posisi Gusjoy sebagai saksi pelapor lantaran statusnya sebagai pendukung calon gubernur pasangan Agus Yudhoyono Harimurti dan Sylviana Murni. "Saya merasa dirugikan," kata Ahok.

Di situs resmi Partai Demokrat, Gusjoy pernah menyatakan dukungan Tim Advokasi Rakyat kepada AHY dan Sylvi pada 30 September 2016. Disebutkan Gusjoy sebagai ketua umum tim.

Selain status salah seorang saksi itu, Ahok juga menyinggung laporan terhadap dirinya oleh para pelapor. Pasalnya tidak ada warga Pulau Seribu yang mendengar langsung, menjadi pelapor.

Cuplikan video yang dijadikan dasar pelaporan juga dipertanyakan Ahok. "Mereka hanya mengambil 13 detik video saya. Padahal video lengkapnya ada 1 jam 40 menit," ujar Ahok.

Ahok duduk di kursi pesakitan lantaran dilaporkan menodai agama Islam dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada September 2016 lalu. Ini merupakan sidang keempat Ahok sejak sidang perdana 13 Desember 2016.

ENDA TARIGAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments