EDITOR : DASNITA M. SINAGA

2 Januari 2017, 18:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu bertanya mana lebih baik, makan sebelum atau sesudah olahraga? Jawabannya, keduanya!

Perempuan makan roti isi berukuran besar.
(FOOD FOR FITNESS)

Pada prinsipnya, olahraga bertujuan untuk membakar kalori dalam tubuh. Nah, pembakaran ini memerlukan energi untuk proses yang maksimal. Jadi kalau kita berolahraga dengan kondisi perut kosong, maka tubuh akan kekurangan energi.

So, makan sebelum beraktivitas fisik itu penting banget guys, tapi sebaiknya jaga jarak waktu makan dengan olahraga, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dan memprosesnya menjadi energi. Waktu yang paling ideal adalah tiga sampai empat jam sebelum berolahraga.

Susu dituangkan ke dalan sereal. (WONDERFOOD)

Soal menu, kamu bisa memilih makanan yang rendah lemak dan kalori, seperti roti gandum dengan telur, atau kombinasi sereal dan susu. Kalau menurut kamu itu tergolong berat, menu ringan seperti buah-buahan, yoghurt rendah lemak, jus buah, atau sereal, bisa jadi pilihan untuk 1 hingga 2 jam sebelum olahraga.

Jangan lupakan juga minum, karena  berolahraga akan menguras keringat dan bisa memicu dehidrasi. Dampaknya bisa mengakibatkan kram, sakit kepala, dan kelelahan.

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.
(WONDERFOOD)

Sehabis berolahraga, kamu bisa makan lagi setelah 15-30 menit kemudian. Kali ini, tubuh memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan rendah lemak untuk  membangun massa otot.

Tapi hati-hati ya guys, jangan sampai makannya kebablasan, apalagi buat cewek-cewek nih!

Menurut Michele Olson, profesor jurusan ilmu olahraga di Auburn University, perempuan lebih sering terdorong untuk makan banyak setelah berolahraga. Buat cewek, olahraga merupakan sebuah pencapaian sehingga ia merasa perlu memberikan penghargaan pada diri sendiri.

Perempuan makan cake cokelat setelah berolahraga.
(WONDER FOOD)

Olson mengatakan, dengan berlari selama 45 menit yang mampu membakar 474 kalori, perempuan menghadiahi dirinya dengan memakan sebatang cokelat yang mengandung 1.200 kalori. Kalau begini olahraga yang kamu lakukan jadi sia-sia.

Perempuan memegang sebuah apel. (PIXABAY)

Solusi mudah untuk menjaga nafsu makan sebelum dan sesudah olahraga yaitu dengan banyak minum. Buah yang mengandung banyak air seperti apel, pir, atau pisang, bisa menjadi alternatif.

Atau kamu juga bisa mencoba metode unik dari penulis buku Nutrient Timing for Peak Performance, Heidi Skolnik. Menikmati musik sambil minum air setelah berolahraga, kata dia, dapat meredam keinginan makan lebih banyak. 

 

WONDERFOOD

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments