hero
Tembok Cina saat musim dingin (WWW.PAULREIFFER.COM)

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

2 Januari 2017, 06:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jalan-jalan ke Negeri Cina kurang lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki ke Great Wall atau Tembok Besar Tiongkok. Situs Warisan Dunia UNESCO ini pernah dipakai syuting sejumlah film, antara lain "The Karate Kid" dengan aktor Jackie Chan.

Apalagi jika kamu datang saat musim dingin, pendakian menuju ke puncak Great Wall bakal lebih seru dan menantang. Nah, kalau kamu berniat mendaki Tembok Besar Cina dan ingin mencapai puncak, ada baiknya menyimak tips mendaki berikut ini.

Wisatawan mendaki tembok besar Cina saat musim dingin sambil
mengenakan jaket tebal dan syal. (PINTEREST)

Jika kamu akan menginjakkan kaki di tembok terpanjang di dunia ini saat musim dingin, jangan lupa pakai pakaian tebal ya guys.Karena suhu udara di tempat ini bisa mencapai minus 8 derajat celcius.

 “Sekarang saya berusaha naik ke atas. Semakin ke atas anginnya semakin kencang dan yang pasti semakin dingin,” kata Arnie Simanjuntak, sebelum memulai pendakian.

Arnie sendiri mengenakan jaket super tebal dengan tutup kepala. Ia berjalan di atas tembok dengan latar pegunungan, bukit, lembah dan batu-batuan utara Tiongkok.

Tembok raksasa sendiri dibangun di masa tiga dinasti, yaitu Qin (722 SM-481 SM), Han (140 SM-87 SM), dan selesai pada masa Dinasti Ming (1368-1644).

Pengunjung beristirahar setelah cukup lama mendaki. 
(THETIMES.CO.UK)

“Masih banyak anak tangga yang harus saya daki sebelum sampai puncak Tembok Cina,” teriak Arnie, dengan napas mulai tersenggal.

Untungnya, di sini banyak disediakan tempat duduk. Jadi kalau kamu capek mendaki bisa duduk sejenak melepas lelah. Jangan memaksa terus mendaki saat mulai lelah, kita harus bisa mengatur tenaga.

Menurut Badan Survei dan Pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat Tiongkok, panjang Tembok Besar Tiongkok mencapai 8.850 km. Jarak satu tangga dengan tangga lainnya pada tembok raksasa tidak sama, kadang ada anak tangga yang pendek, banyak juga anak tangga yang terlalu jauh.

“Sehingga kita perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendakinya,” ujar Arnie.

Wisatawan berpeegangan pada pegangan besi anak tangga.
(DAILYMAIL.CO.UK)

Tips lainnya, ia mengingatkan wisatawan untuk selalu hati-hati dan selalu berpegangan pada besi pegangan yang ada di sepanjang tembok raksasa.

Semoga berhasil mendaki sampai ke puncak guys!

 

NET CITIZEN JOURNALIST: ARNIE SIMANJUNTAK

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments