hero
Rumah Dodi di Pulomas. (NET/Bayu)

EDITOR : TITO SIANIPAR

2 Januari 2017, 16:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penangkapan terhadap Ius Pane alias Ridwan Sitorus menguak sejumlah fakta di balik perampokan dan pembunuhan Pulomas. Salah satunya, komplotan yang sama merampok dua rumah lainnya sebelum Pulomas.

Ius Pane, kata polisi, adalah orang kedua dalam komplotan yang dipimpin oleh Ramlan Butar-butar. Pada kejadian di Pulomas, Ius adalah yang menyeret korban Diona Arika Andra Putri (16 tahun), dan memegang senjata api.

"Dia adalah yang pertama masuk ke dalam rumah korban," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, di kantornya, Jakarta, Senin, 2 Januari 2016.

Menurut Argo, Ius baru saja keluar dari Lembaga Pemasyarakat Tangerang pada November 2016. Setelah bergabung dengan komplotan Ramlan, kata Argo, mereka sudah merampok tiga rumah lainnya.

Kombes Argo Yuwono. (NET/Husni)

"Selama satu minggu bersama kelompok ini, empat orang itu sudah melakukan perampokan tiga kali. Pertama di Jonggol, kedua di Purwakarta, dan ketiga di Pulomas," ujar Argo.

Komplotan ini, tambah Argo, selalu menggunakan modus yang sama setiap merampok. "Yaitu tidak pernah merusak pintu rumah," kata dia. Biasanya mereka pura-pura kenal atau masuk ketika pintu terbuka.

Jika korban melawan, terang Argo, pelaku Ius biasanya menggunakan ancaman verbal sembari menodongkan senjata. "Setelah itu mengikat korban entah pakai tali rafia, sepatu, atau lakban," ujarnya.

Penangkapan Ius Pane. (ISTIMEWA)

Pembunuhan dan perampokan di Pulomas menimpa keluarga Dodi Triono pada Senin, 26 Desember 2016 lalu. Enam dan sebelas orang korban, meninggal dunia karena disekap.

Sehari berselang, polisi meringkus Ramlan bersama Erwin Situmorang. Ramlan tewas ditembak, dan Erwin diringkus. Setelah itu, polisi menangkap pelaku lainnya Ius Pane di Medan, Sumatera Utara pada Minggu, 1 Januari 2017.

ARKAN DHANU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments