Bangkai kapal wisata Zahro Express dievakuasi ke Pelabuhan Muara Angke. (NET/Andry)

EDITOR : OCTOBRYAN

1 Januari 2017, 17:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Libur panjang tahun baru dimanfaatkan oleh Handri dan keluarganya untuk jalan-jalan menikmati keindahan alam di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung sebagai Gugusan Pulau di Kepulauan Seribu ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi dirinya.

Tiba di Pelabuhan Muara Angke, Minggu pagi, ia bersiap menaiki kapal wisata Zahro Express menuju pulau seluas 109 hektar tersebut. Namun, wisata itu berubah menjadi duka ketika kapal berlantai dua itu terbakar.

Penmpang kapal wisata Zahro Express dievakuasi. (NET/Andry)

"Tiba-tiba kepulan asap keluar dari panel mesin," serunya di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu, 1 Januari 2016.

Handri menjelaskan, ketika mengetahui mesin kapal terbakar, anak buah kapal memilih melarikan diri dengan menceburkan diri mereka ke laut. 

Penumpang selamat dievakuasi ke pelabuhan Muara Angke. (NET)

Sesaat kemudian, kepanikan terjadi di antara ratusan penumpang di kapal itu. Sebagian berteriak, sebagian lain kemudian ikut terjun ke laut. "Jadi penumpang akhirnya menyelamatkan diri masing-masing," tambahnya.

Para penumpang yang terjun, lanjut Handri, sebagian mengenakan lifejacket. Namun ada juga yang tidak mengenakannya.

Sejumlah Ambulance disiagakan di Pelabuhan Muara Angke. (NET/Andry)

Beruntung, tidak lama setelah terjun ke laut, pria berusia 35 tahun ini segera ditolong oleh kapal nelayan. "Setelah itu kapal meledak dan terbakar," lirihnya.

Proses evakuasi ini membutuhkan waktu tidak sebentar, pasalnya posisi kapal berada di tengah laut. Namun, petugas dibantu nelayan sekitar segera melakukan pertolongan terhadap penumpang kapal.

Penumpang selamat dievakuasi ke pelabuhan Muara Angke. (NET/Andry)

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah korban tewas kebakaran kapal ini mencapai 23 orang. 

Sutopo menjelaskan dari 23 orang meninggal dunia tersebut, 3 korban sudah berada di Rumah Sakit Atmajaya. Sedangkan 20 korban sedang dievakuasi dan ditempatkan dalam kantong mayat.

petugas  gabungan evakuasi penumpang selamat kapal Zahro. (NET/Andry)

"Sementara, 17 Penumpang yang luka kami larikan ke rumah sakit terdekat dan 194 penumpang berhasil dievakuasi," ujarnya.

Tiga orang yang berhasil diidentifikasi tersebut diketahui bernama Jeksen Wilhelmus,40 tahun, alamat Tajur, Bogor, Ir. Masduki asal Cirebon, dan jasad perempuan yang diketahui bernama Alia.

Penumpang selamat dievakuasi ke pelabuhan Muara Angke. (NET/Andry)

Hingga kini, petugas masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran. 

Sebelumnya, kapal wisata Zahro Express yang membawa lebih dari 100 penumpang tujuan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta terbakar setelah satu mil perjalanan di sebelah barat Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. 

PRITA KUSUMA | ANDRY PRASETYO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments