EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

29 Desember 2016, 05:05 WIB

SOLO, INDONESIA

Menyebutkan pasar tradisional pasti yang terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah becek, bau, kumuh dan banyak sampah yang. Tapi, kondisi tersebut terbantahkan jika kamu mengunjungi Pasar Tanggul di daerah Solo, Jawa Tengah yang memiliki eskalator lho!

Sesuai namanya, pasar ini terletak di dekat tanggul dan posisinya menjorok ke bawah. Dibangun di atas lahan yang seluas 2.400 meter persegi, Pasar Tanggul mampu  menampung sebanyak 400 pedagang.

Pasar Tanggul, Solo. (NET.CJ/Mia Yuniati)

Bangunan Pasar Tanggul sendiri terdiri dari dua lantai. Terdapat 27 kios dan 126 los di lantai pertama. Sedangkan, pada lantai dua terdapat 18 kios dan 128 los.

Pasar ini dibagi menjadi dua macam yaitu zona dagangan kering dan dagangan basah. Pembagian zona ini bertujuan untuk memudahkan pembeli berbelanja dan menjaga kebersihan.

Pasar Tanggul, Solo. (NET.CJ/Mia Yuniati)

Sejak diresmikan pada 1 Juni 2015, pasar ini merupakan satu-satunya pasar di Solo yang memiliki fasilitas modern. Selain eskalator pasar ini juga memiliki ruangan kesehatan, ruangan menyusui, dan smoking area.

Tidak hanyak fasilitas yang lengkap, kebersihan pasar ini juga sangat dijaga. Hal tersebut bisa terlihat dari lantainya yang putih bersih serta tempat sampah yang terletak di beberapa sudut pasar.

Pasar Tanggul, Solo. (NET.CJ/ Mia Yuniati)

Kini pasar yang terletak di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres ini  akan diusulkan sebagai pasar yang memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedepannya,  secara bertahap Pemerintah Kota Solo akan mengembangkan seluruh pasar tradisional menjadi pasar berkonsep modern.

NET.CJ MIA YUNIATI 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments