hero
Ilustrasi para korban ditumpuk di kamar mandi. (NET.Z)

EDITOR : TITO SIANIPAR

28 Desember 2016, 00:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Zanette Kalila, salah satu putri Dodi Triono menjadi korban yang selamat dari pembunuhan di kediaman mereka di Pulomas, Jakarta Timur. Zanette menceritakan pengalamannya ketika ditawan pembunuh.

"Diperlakukan secara tidak manusiawi. Diceburkan ke dalam bak, dan ditodong senjata api," kata Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia Erlinda di RS Kartika Pulomas, Selasa, 27 Desember 2016.

Erlinda datang khusus ke rumah sakit untuk menjenguk Zanette yang masih berusia 13 tahun. Secara mengejutkan, Zanette malah menceritakan pengalamannya disekap. Erlinda sendiri mengaku tak bertanya soal kejadian.

Zanette adalah salah satu dari lima korban selamat dari pembunuhan sadis di kediaman Dodi. Empat lainnya yang masih hidup adalah Emi (41 tahun), Santi (22 tahun), Fitriani, dan Windy.

Erlinda di rumah sakit. (NET/Radika)

Sementara Dodi bersama lima orang lainnya menjadi korban pembunuhan. Yakni dua putrinya Diona Arika Andra Putri (16 tahun) dan Dianita Gemma Dzalfayla (9 tahun), Amel (teman anaknya), serta dua sopir Yanto dan Tasrok.

Kesebelas orang itu ditemukan di dalam kamar mandi seluas dua meter persegi pada Selasa, 27 Desember 2016 pagi. Diduga para pelaku menyekap dan menyiksa korban sejak Senin, 26 Desember 2016.

Zanette, kata Erlinda, adalah contoh betapa semangat bertahan hidup bisa membantu selamat dalam kondisi yang sangat mencekam. "Zanette adalah ananda yang disabilitas," ujarnya.

Para korban meninggal. (ISTIMEWA)

"Dia menguatkan kakaknya agar bisa bertahan karena ditempatkan di tempat yang tidak layak; 11 orang dalam ruangan sangat kecil," tambah Erlinda.

Menurut Erlinda, Zanette menceritakan bahwa ia digigit kakaknya ketika dikurung di kamar mandi. "Seolah-olah, hanya untuk mengucapkan, 'Dek kamu harus kuat, harus bisa selamat'," kata Erlinda.

Kakaknya Diona dan adiknya Gemma akhirnya meninggal dunia karena kehabisan oksigen. "Tadi dia bercerita dia harus sehat untuk mamanya dan ada mama baru yang tengah mengandung tujuh bulan," kata Erlinda.

Kerabat yang histeris. (NET)

Mama baru yang dimaksud Zanette adalah istri ketiga Dodi. Sementara mama dari Zanette adalah istri kedua Dodi yang sudah bercerai, Amyanda Saphirra.

Selain mengapresiasi kerja polisi yang berhasil menyelamatkan 5 orang, KPAI berharap kasus ini bisa terkuak tuntas. "Kami berharap polisi dapat menangkap pelaku dan menggali motifnya," kata Erlinda.

Menurut Erlinda, anak-anak selalu menjadi korban dalam kasus pembunuhan yang melibatkan konflik orang tua. "Saya sebagai perempuan melihat mereka korban entah konflik bisnis, konflik sosial, atau apapun," ujarnya.

Zanette, tambah Erlinda, bahkan sempat menambahkan dengan matanya yang berbinar. "Papa itu tidak bersalah," ujar Erlinda menirukan Zanette.

RADIKA KURNIAWAN SUBEKTI

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments